Gerak Cepat MM-HH Launching Isolasi Terapung KM Tatamailau

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar bersama Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda meresmikan penggunaan KM Tatamailau sebagai kapal isolasi terapung, Jumat (20/8/2021).

Peresmian itu ditandai dengan Soft Launching Isolasi Terapung KM Tatamailau di Dermaga Terminal Pelabuhan Samudera Kota Bitung dan disaksikan secara virtual Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo.

Dalam sambutannya, Maurits dan Joune menyampaikan terealisasinya KM Tatamailau sebagai fasilitas kapal isolasi terapung adalah hasil gotong royong Pemkot Bitung dan Pemkab Minut serta sejumlah instansi BUMN di Kota Bitung.

“Ini semua karena cinta. Dan hari ini KM Tatamailau bisa difungsikan sebagai kapal isolasi terapung karena cinta. Cinta kita semua untuk bersama-sama bangkit di tengah pendemi COVID-19,” kata Maurits-Joune.

Kapal isolasi terapung ini kata keduanya, akan menjadi alternatif ruang isolasi bagi para pasien COVID-19 tanpa gejala (asimptomatik) ataupun yang bergejala ringan, sehingga mempercepat kesembuhan dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah dan beresiko membahayakan orang-orang disekitar yang rentan terinfeksi virus COVID-19.

Selain itu, kata kedua kader PDI Perjuangan ini, dengan isolasi di kapal, diharapkan dapat membatasi ruang gerak penyebaran virus COVID-19 karena mobilitas pasien hanya dilakukan di atas kapal, dengan bantuan para tenaga medis yang kredibel sehingga proses recovery bagi pasien dapat berjalan dengan segala baik.

Semua fasilitas kata Maurits-Joune terbuka umum dan gratis bagi seluruh warga terkonfirmasi positif (OTG dan gejala ringan) tanpa sekat suku, agama, ras ataupun golongan.

“Pemerintah telah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan menyiapkan sejumlah fasilitas bagi seluruh pasien yang akan menjalani isolasi di atas KM Tatamailau,” ucapnya.

Maurits-Joune juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden, Menko Perekonomian, Menteri Perhubungan RI bersama jajaran, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Ketua Satgas COVID-19 Nasional, Kepala BNPB, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Dirut PT Pelni, Dirut Pelindo IV bersama jajaran, unsur Forkopimda Sulut dan Kota Bitung.

“Serta semua pihak yang terlibat sehingga fasilitas yang begitu memadai ini dapat digunakan dalam rangka mendukung percepatan penanganan penyebaran virus COVID-19 terutama di wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minut,” katanya.

Hadir juga dalam soft launching itu, Plt Asisten II, Benny Lontoh, Nahkoda KM Tatamailau, Kapten Robert Mataualage, Kepala PT Pelni cabang Bitung, GM PT Pelindo IV Bitung, Kepala Navigasi Bitung, Kepala KPLP Bitung, Kepala Bank BRI cabang Bitung, Kepala Bank SulutGo Bitung, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Pitter Lumingkewas.