2500 Vaksin Sinovac Tahap I Tiba di Kepulauan Sangihe, Thungari: Nakes Prioritas Pertama

Penulis: Hendra Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE — Sebanyak 2500 Vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi utara tiba di Bandar Udara (Bandara) Naha, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (28/01/2021). Distribusi Vaksin ini diangkut menggunakan Helikopter.

Vaksin Sinovac ini dikawal secara ketat oleh Kodim 1301/Sangihe, Lanal Tahuna dan Polres Kepulauan Sangihe dengan menggunakan mobil ambulance untuk dibawa ke ruang penyimpanan di kantor Dinas Kesehatan Daerah Sangihe.

Staf Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Ingward Mandagi menyampaikan jika pengiriman vaksin ini sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kita menyalurkan sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan vaksin yang pertama ini kan untuk Nakes. Jadi jumlahnya ada 2500 vaksin Jenis Sinovac, setiap orangnya dapat dua kali suntikan dalam jangka waktu dua minggu. Untuk tempat penyimpanan vaksin Sinovac itu ada di 2-8 derajat. Tidak boleh di bawah 2 derajat dan diatas delapan derajat,” ucap dia.

Kepala Dinas Kesehatan dr Joppi Thungari mengungkapkan bahwa vaksin sinovac ini baru tahap pertama. Dan untuk penerima vaksin di tahap pertama ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (Nakes). Menurutnya, selain Rumah Sakit, Vaksin ini akan segera didistribusikan ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Sangihe.

“Ini sesuai dengan permintaan kami (Pemerintah Daerah Kepulauan Sangihe). Jumlah vaksin tahap pertama ini sesuai dengan jumlah Nakes yang ada di Kabupaten Sangihe, sedangkan untuk TNI dan Polri nantinya akan kita lakukan permintaan kembali. Sebelum didistribusi ke Puskesmas, kami akan melakukan pencanangan di tingkat kabupaten. Dan itu rencananya akan dilaksanakan pekan depan,” jelas Thungari ketika dikonfirmasi.