oleh

Atasi Banjir, Wali Kota dan Ketua TP-PKK Bitung Tinjau Drainase

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wali Kota Bitung Maurits Mantiri bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Tangkudung meninjau sejumlah drainase di Kota Bitung, Rabu (8/9/2021).

Hal ini dilakukan sebagai respon cepat terjadinya luapan air di beberapa titik jalan di Kota Bitung saat musim penghujan.

Adapun lokasi yang menjadi titik tinjauan drainase tersebut diantaranya seputaran PT. Machindo Kecamatan Matuari dan samping GMIM Sentrum Bitung Kecamatan Maesa.

Setelah melakukan peninjauan, Maurits menyatakan bahwa persoalan banjir menjadi perhatian serius untuk segera diatasi.

“Tentunya banyak hal yang mempengaruhi fungsi dari drainase tersebut, mulai dari sampah hingga tersumbatnya aliran air oleh pasir atau lainnya. Nah, fungsi dari drainasenya ini yang perlu dioptimalkan,” ucapnya.

Maurits membeberkan pihaknya (Pemkot Bitung,red-) juga sudah menggelar Focus Grup Discussion (FGD) terkait pengendalian banjir di Kota Bitung. “Akan dibuat master plan saluran yang baru dari tenaga ahli untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan. Kemudian penyelesaian masalah banjir dibeberapa titik lokasi akan dilakukan dengan pembuatan saluran baru yang langsung menuju ke laut,” tuturnya.

Maurits pun mengimbau agar warga untuk menjaga kebersihan, mengingat banjir kerap terjadi akibat adanya penumpukan sampah di saluran air. Akibatnya air menggenang di badan jalan.

“Kami harapkan semua pihak sadar untuk turut menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak ada penyumbatan di saluran masuk air. Kami akan upayakan ke depan tidak ada lagi banjir,” tandasnya.

Turut mendampingi Wali Kota dalam peninjauan tersebut, Asisten I Pemkot Bitung Julius Ondang, Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Rudy Theno, Kepala Dinas Perkim Kota Bitung Hendri Sakul, Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Kota Bitung Rizal Sompotan, Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kota Bitung Julius Sumanti, Camat Matuari Sefferson Sumampouw dan Camat Maesa Herny Posumah.

Selain itu, Staf Khusus Wali Kota Bitung Bidang Pembangunan Infrastruktur dan Perencanaan Wilayah Kota Amanda Sutami, ST,. M.Sc, Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Komunikasi Strategis Santy Gerald Luntungan ST, Staf Khusus Bidang Optimalisasi Penanggulangan Bencana Herman L. Makalew SE, Staf Khusus Bidang Pengembangan Agribisnis Theodorus M. J. Iroth, S.Pt, Staf Khusus Bidang Optimalisasi Pelayanan Publik Drs. Adolf Tumbelaka dan Staf Khusus Bidang Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Royke Tangkudung, juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

News Feed