FPSL Virtual 2021 Jadi Momen Istimewa Kota Bitung

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Walaupun digelar secara virtual karena Pandemi COVID-19, namun Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2021 menjadi momen istimewa bagi pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Kota Bitung. Event yang digelar selama dua hari dari tanggal 9-10 Oktober itu menegaskan potensi Pariwisata Bahari yang ada di Selat Lembeh.

Dengan kegiatan-kegiatan yang menarik, mulai dari Sailling Pass yang biasa dikenal dengan parade kapal hias, juga ada Lomba Mural, Kampung Wisata Award, 360 Virtual Exhibition, 360 Vitual Bazaar, Theatrical Performance hingga Entertaiment dan Talkshow.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menjelaskan, festival tahunan ini diselenggarakan untuk mempromosikan sekaligus mengukuhkan Kota Bitung sebagai kota pariwisata dengan konsep digital yang layak diperhitungkan baik di Sulawesi Utara maupun ditingkat nasional.

FPSL kata dia, telah diadakan sejak tahun 2009, awalnya merupakan wujud rasa syukur para nelayan dan pengusaha ikan atas hasil laut yang berlimpah.

‚ÄúSeiring berjalannya waktu, FPSL menjadi festival kebanggaan warga Kota Bitung yang bukan hanya sekedar event tapi juga menjadi wadah kreatifitas bagi seluruh warga Kota Bitung untuk berkarya dengan harapan gaung dan promosi wisata Kota Bitung dapat sampai ke masyarakat di luar Kota Bitung,” ucap Wali Kota.

Namun di era pandemi kata Maurits, sektor pariwisata merasakan dampak yang cukup signifikan apalagi pemberlakuan kebijakan PPKM membuat beberapa pelaku pariwisata harus bekerja lebih keras untuk dapat terus bertahan.

“Selain itu, hal serupa juga terjadi kepada pelaku UMKM, dimana para pengusaha harus mulai mencari cara untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Hal inilah yang menjadi salah satu landasan dari penyelenggaraan FPSL Virtual tahun ini,” jelasnya.

“Ada bazaar online yang bekerja sama dengan berbagai macam UMKM dan rumah makan milik masyarakat kota Bitung. Nah, FPSL memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk dapat memasarkan produknya. Intinya Pemkot Bitung terus menggenjot perekonomian masyarakat walaupun ini masih dalam pandemi COVID-19,” tambah Maurits.

Tak lupa, Wali Kota juga mengucapkan terima kasih atas kelancaran dan kesuksesan FSPL. Kesuksesan event ini tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang sudah berkolaborasi mensukseskan iven ini. Ini bukan hanya seratus persen, tetapi lebih dari seribu persen untuk acara ini,” tukasnya.

Diberitakan juga, gelaran FPSL sendiri merupakan gelaran tahunan dan dalam rangka menyambut HUT ke-31 Kota Bitung yang jatuh pada 10 Oktober 2021.