Joune Ganda Hadiri Tanam Perdana Jagung Hybrida di Kolongan

MINUT, – Calon Bupati Minahasa Utara terpilih Joune Ganda (JG) yang dipastikan di lantik pada 17 Februari 2021, jadi tamu kehormatan dalam gelaran Tanam Perdana Jagung Hybrida, Selasa (2/02/2021).

Kegiatan Diprakarsai Koperasi RGK Turut Dihadiri Kadis Pertanian Minut

Bertindak sebagai pemrakarsa, Koperasi Rea Gunung Klabat (RGK) dalam acara tersebut mengutarakan tujuan dari kegiatan Tanam Jagung tersebut adalah perkembangan para Petani Minahasa Utara.
“Khususnya Petani jagung dapat memberikan andil dalam mewujudkan kestabilan hasil bumi dari Petani Minahasa Utara, tutur Arly Dondokambey pengurus Koperasi Rae Gunung Klabat, didampingi Pembina Koperasi Rae Gunung Klabat, William Simon Luntungan.
Selain Arly Dondokambey pengurus Koperasi Rae Gunung Klabat, Pembina Koperasi Rae Gunung Klabat, William Simon Luntungan dan segenap pengurus, hadir juga Kepala Dinas Pertanian Minahasa Utara, Ir. Wangke Karundeng, turut hadir dalam acara tersebut, serta Kepala Bidang Dinas Tanaman Pangan Jean Joice Tamboto Sp.

Perlu ketahui bahwa 70% pendapatan masyarakat Minut adalah berasal dari Pertanian.

Arly Dondokambey pengurus Koperasi Rae Gunung Klabat dalam sambutannya menyatakan bahwa, tujuan dari Koperasi Rae Gunung Klabat adalah untuk mensejahterakan anggota dari Koperasi RGK agar menjadi pribadi yang lebih baik dalam bidang Pertanian dengan berasaskan kekeluargaan sesuai dengan semangat dasar dari Koperasi itu sendiri.

“Ada 2 varitas yang di tanam pada acara tersebut adalah JH 37 dan varitas import dan diharapkan hasil dari program ini dapat menyemangati para petani Minahasa Utara untuk menjadi petani yang penuh inovasi dan menjadi petani milenial yang baik,” katanya.

Bupati terpilih Joune Ganda SE memberikan apresiasi yang baik atas di laksanakannya acara tersebut. “Komitmen adalah kunci dari segala Aktifitas, khususnya di bidang pertanian,” sebutnya.
Dikatakan Ekonom sukses berdarahMinawerot ini, dengan diciptakannya bibit jagung dengan varitas baru ini, adalah hal yang sangat luar biasa bagi pertanian Minahasa Utara terlebih tujuan dari Koperasi Rae Gunung Klabat adalah untuk kemajuan pertanian Minahasa Utara.
“Mudah-mudahan apa yg di lakukan saat ini dapat memberikan banyak pengetahuan ttg Pertanian Jagung seperti yang di laksanakan pada saat sekarang ini,” urai Joune.

Harapan pembeli disaat panen juga mendapatkan perhatian Khusus oleh JG.

Makanya ia meminta kepada Kepala Dinas Pertanian untuk lebih pro aktif dan memperhatikan lebih intens ke Petani.
“Dinas terkait juga mengevaluasi semua jenis bantuan bantuan yang di berikan ke petani, sehingga tak ada lagi kelompok tani yang ingin mengambil keuntungan secara perorangan ataupun berkelompok dalam hal ini adalah bantuan bantuan yang di berikan dari pemerintah kepada petani tersebut,” tandas Joune.

Menanggapi atensi Calon Bupari JG, Kepala Dinas Pertanian Ir. Wangke Karundeng membenarkan. Dan jika output kita bagus, maka secara otomatis juga dapat meningkatkan daya produksi dengan baik, sehingga harga jual nantinya juga akan segera membaik.

“Seluruh stakeholder juga harus berperan aktif untuk memperhatikan tanaman holtikultura yang ada di Minahasa Utara. Bibit jagung gratis ini adalah wujud dari konsistensi janji kampanye dari Bupati terpilih Joune Ganda dalam bidang Pertanian.” tutup Wangke.