KPU Minsel Gelar Simulasi Pemungutan Suara

BERITA ONLINE LOKAL, MINSEL– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Simulasi Pilkada Serentak tahun 2020 yang dipastikan bakal digelar 9 Desember mendatang, dilaksanakan di Kelurahan Ranoyapo, Amurang, pada Sabtu (21/11).

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga menuturkan giat simulasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara dan masyarakat.

“Hari ini KPU Minsel melaksanakan simulasi pelaksanaan pemungutan suara, yang akan menerapkan protokol Kesehatan di hari pencoblosan”, terang Sambuaga.

“Di tempat pemungutan suara (TPS) akan disiapkan tempat cuci tangan, pengukur suhu, alat semprot disinfektan, sarung tangan plastik untuk pemilih, sarung tangan medis untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), hingga bilik khusus bagi pemilih yang memiliki suhu badan di atas normal atau 37,3 derajat celcius”, katanya.

Ia mengatakan dalam simulasi ini, terlihat pelaksanaan protokol kesehatan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

Komisioner KPU Minsel Koordinator Divisi Teknik, Christian Rorimpandey menyampaikan bahwa dalam simulasi ini akan dipraktikkan juga penggunaan aplikasi Sirekap.

“Aplikasinya sudah kami download dan akan digunakan dalam simulasi hari ini. Namun penggunaan aplikasi Sirekap hanya menjadi alat bantu perhitungan dan rekapitulasi suara”, ujarnya.

Tampak hadir dalam simulasi diantaranya Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga, anggota KPU Minsel Christian Rorimpandey, Yurnie Sendow, Maya Sarijowan dan Fadly Munaiseche serta Sekretaris KPU Minsel Holy Kotulus.