Maurits : Nilai Luhur Pancasila Wajib Dihadirkan Secara Nyata Dalam kehidupan

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan karena Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri saat menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dirangkaikan dengan Apel Korpri, Jumat (1/10/2021) di Lapangan Kantor Wali Kota Bitung.

Wali Kota mengingatkan kondisi saat ini masih berada ditengah pandemi COVID-19. Kondisi dimana semua orang tanpa terkecuali diuji daya juang, menguji pengorbanan, menguji kedisiplinan, menguji kepatuhan, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

“Dalam menghadapi semua ujian itu, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya. Menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban sesama kita dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi,” ucapnya.

Dirinya juga mengajak seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Bitung untuk terus meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Kekurangan dan kelemahan tidak menghalangi untuk terus maju, kekurangan dan kelemahan harus sama-sama perbaiki, harus dijadikan momentum perubahan untuk memicu lompatan,” ujar Wali Kota.

Menjadi pemenang, kata Maurits, dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya. Karena sebagai bangsa yang besar, juga harus tampil sebagai pemenang, harus optimis, harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan.

“Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi COVID-19 ini. Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa,” tukasnya.

“Tunjukan bahwa kita adalah bangsa yang kuat. Bukan hanya mampu menghadapi tantangan, tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan. Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati kita masing-masing. Dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa kita lakukan bagi sesama. Selamat Hari Kesaktian Pancasila,” tutup Wali Kota.