oleh

Pengurus PWI Bitung Periode 2021-2024 Resmi Dilantik

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bitung periode 2021-2024 resmi dilantik, Kamis (2/12/2021).

Bertempat di Pasar Pinasungkulan Sagerat, pelantikan dilakukan oleh Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara Drs. Voucke Lontaan. “Atas nama Ketua PWI Sulut secara resmi melantik Pengurus PWI Bitung,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Voucke mengaku bangga dengan penyelenggaraan pelantikan pengurus PWI Bitung yang digelar di tengah-tengah masyarakat. “Apresiasi buat teman-teman PWI Bitung. Saya baru melihat pelantikan seperti ini. Tentunya menoreh sejarah baru,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa sekarang ini pers sebagai fungsi kontrol sosial, sebagaimana yang tersirat dalam 4 (empat) pilar demokrasi di Indonesia.

“Tentunya mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun bangsa dan negara, serta menjaga NKRI. Sebab, tanpa peran dari pers, sudah pasti program pembangunan tidak berjalan seperti yang diharapkan. Karena itu, sinergisitas antara pers dan  Pemerintah sangat penting,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Voucke, program apapun yang telah dibuat pemerintah tanpa dipublikasikan ke masyarakat, akan memberikan dampak yang tidak baik. Tapi, apabila program tersebut dipublikasikan ke masyarakat akan membantu pemerintah, dalam arti pers ikut mengasosiasikan apa yang sudah dan akan dilakukan pemerintah, sehingga tidak membingungkan masyarakat. Inilah yang namanya sinergisitas.

“Sebagai contoh, dalam hal penanganan COVID-19, dengan sosialisasi dari teman-teman pers, pastilah perintah ikut terbantu seperti program vaksinasi,” tukasnya.

Voucke juga mengajak pengurus PWI Kota Bitung yang baru dilantik agar dalam menjalankan tugas harus menjaga marwah organisasi PWI serta harus menjunjung tinggi profesionalisme.

“Sebab, menjadi seorang wartawan yang profesional tidak mudah, pertama yang paling mendasar seorang wartawan harus dalam menjalankan tugas harus memahami Kode Etik Jurnalistik, kemudian sesuai regulasi dari Dewan Pers, saat ini wartawan harus mengikuti tahapan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Tiga jenjang dala. Uji Kompetensi Wartawan yakni, Muda untuk kategori reporter, Madya kategori redaktur dan Utama kategori Redpel/Pemred,” jelasnya.

“Tujuan dari UKW tidak utk menciptakan wartawan yang profesional yang bertugas sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Kaiatan dengan itu, sampai saat ini PWI Sulut, sudah 28 kali menggelar UKW. Total  jumlah wartawan hampir 600-an yang telah ikut UKW, sebagai syarat dari Dewan Pers. Wartawan dalam melakukan peliputan harus benar-benar mengacu pada kode etik Jurnalistik. Misalnya, berita yang dipublikasikan harus berdasarkan fakta dan berimbang, bukan hoaks,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutannya menegaskan bahwa eksistensi PWI Kota Bitung sebagai perekat dan pemersatu insan pers yang merupakan mitra pemerintah dan sebagai modal dalam membangun Kota Bitung.

“Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah sangat berharga untuk modal pembangunan di kota Bitung,”ucapnya.

Karena budaya sumbang saran tersebut, Maurits berharap mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak. “Selamat buat pengurus yang dilantik dan selamat menjalankan tugas serta amanah yang telah diberikan,” tuturnya.

“Apresiasi dari Pemkot Bitung juga buat PWI, atas dedikasi telah diberikan, pikiran yang telah tercurahkan dalam bentuk tulisan yang telah ditunjukan PWI dalam membangun negeri selama ini. Teruslah bersinergi bersama pemerintah kota Bitung dalam mewujudkan visi Bitung kota digital, sejahtera dan berkarakter berlandaskan gotong royong,” tutupnya.

Adapun pengurus inti PWI Kota Bitung Periode 2021-2024, Ketua Christian Wayongkere, sekretaris Eko Giyat Prasetyo dan bendahara Tezar Basalamah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris PWI Merson Simbolon, T3P Sepakat bidang pendidikan Axel Galatang, Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo, Ketua Fraksi PDIP DPRD Bitung Geraldi Mantiri, Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan diwakili Kasie Humas Polres Bitung AKP Hermanses Katiandagho, Kapolsek Ranowulu Iptu Andri Salmon, Kadis Kominfo Bitung Theodorus Rompas, Dirut Perumda Pasar Harto Kahiking, Ketua KPU Bitung Desly Sumampouw, Kepala BNN Kota Bitung Tommy Sumampouw, Ketua KNPI Bitung Rendy Rompas, para Kabid dan Kepala SD serta SMP se Kota Bitung.

News Feed