Raker dengan Menhub, BAN Liow Minta Pengadaan Armada Laut dan Darat

Peliput: INNOR

BERITA ONLINE LOKAL.COM-Aspirasi dan kepentingan daerah dipusat, terus disuarakan Anggota DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP. dalam Rapat Kerja (Raker) Komite II DPD RI dengan Menteri Perhubungan RI. Selasa (22/3/2021).

Budi Karya Sumadi, Senator SBANL sapaan Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara Stefanus BAN Liow mengatakan sinergitas program karya Kemenhub RI bersama Komite II DPD RI memberikan dampak positif  bagi masyarakat apalagi dimasa pandemi covid-19. Namun kata Stefanus Liow, jika selama ini telah dilaksanakan program padat karya Ditjen Perhubungan Laut di KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan), kedepan diharapkan juga dengan Direktorat Jenderal lainnya seperti Ditjen Darat melaksanakan program padat karya diterminal-terminal.

Senator SBANL juga minta perhatian Kemenhub mengenai  pengadaan armada laut dan darat, pelabuhan laut dan berbagai usulan program strategis lainnya.

“Terkait kendala teknis dimana dengan adanya Peraturan Menhub Nomor 75 Tahun 2015 tentang penetapan lokasi dan pembangunan fasilitas parkir untuk umum. Dirjen Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi, SH,M.Si. sudah memberikan jawaban atas pertanyaan kami, sebagai bagian dari tugas pengawasan atas pelaksanaan UU Nomor 22 Tahun 2008,  tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ucap Liow Senator utusan Sulawesi Utara

Ditempat yang sama, Menurut Budi Setiyadi  bahwa setelah UU Cipta Kerja, maka regulasi yang menyangkut masalah perizinan diubah total.

“Jika lokasi yang dibangun mempunyai resiko rendah, tentu akan diberlakukan perbedaan persyaratan. Diakui terdapat gap antara regulasi yang telah disiapkan oleh Kemenhub dengan pelaksanaan dilapangan, yang mana pelaksanaannya diserahkan kepada Pemda. Biasanya keluhan disuarakan oleh pengusaha terkait durasi waktu regulasi dan biaya yang timbul terkait pengurusan izin amdal lalin, ” kata Setiyadi

Sementara itu, Wakil Ketua II DPD RI Dr. Bustamin Zainuddin, MH (Lampung) didampingi Wakil Ketua I Dr.  Abdullah Puteh, M.Si (Aceh) yang memimpin rapat pleno bersama Ketua Yorrys Raweyai (Papua) telah memberikan apresiasi atas aspirasi kepentingan daerah yang disuarakan Senator Stefanus Liow. Meski disuarakan dari Sulut tetapi kebijakan dan program Kemenhub akan  menindaklanjuti bagi semua daerah sebagai kesepakatan bersama Komite II DPD RI dengan Menteri Perhubungan RI.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi merespon baik apa yang disuarakan Anggota Komite II DPD RI Stefanus BAN Liow. program padat karya tersebut tetap berkelanjutan dan teknisnya bersama Dirjen terkait. (**)