Wabup Legi Buka Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD 2022

BERITA ONLINE LOKAL, MITRA — Wakil Bupati Drs.Jocke Legi mewakili Bupati Minahasa Tenggara membuka secara resmi pelaksanaan forum lintas perangkat daerah dalam rangka penyusunan Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Mitra 2022 di sport hall Kantor Bupati, Selasa (16/3/2021).

Kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda ini diikuti oleh kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Mitra.

Legi mengatakan dalam sambutannya bahwa melalui tahapan Forum OPD ini nantinya diharapkan dapat merumuskan rencana kerja perangkat daerah tahun 2022 yang mengakomodir program dan kegiatan, mendukung visi misi kepala daerah, serta usulan masyarakat yang disampaikan sewaktu Musrenbang RKPD.

“Forum OPD ini penting untuk menyelaraskan rencana kerja perangkat daerah sesuai janji politik terhadap masyarakat dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran dan sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dan menghasilkan rencana kerja perangkat daerah yang menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD tahun 2022 yang akan dibahas dalam Musrenbang Kabupaten,” ujar Legi.

Menurutnya, Forum Lintas Kepala Daerah ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan, dimana dalam proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan bersama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

“Masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan. Ini berarti masyarakat tidak hanya dijadikan sebagai objek dari pembangunan, melainkan diikutsertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan,” ungkap Legi.

Dirinya berharap forum diskusi ini mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan perangkat daerah, mempertajam indikator, serta target program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya. (citra soputan)