Bupati Joune Ganda Mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023

Peliput: INNOR

MUNUT, BERITA ONLINE LOKAL – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Bupati Joune J.E.Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si., bersama Kepala-Kepala Perangkat Daerah mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI bersama Badan Pusat Statistika dan Badan Pangan Nasional Senin (30/1/2023) secara daring, bertempat di Ruang Multimedia LT3 Kantor Bupati.

Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka membahas langkah konkret pengendalian inflasi di daerah tahun 2023, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Walikot se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian membuka kegiatan sekaligus membawakan sambutan,Dalam sambutannya Mendagri menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi permasalahan global di Negara Indonesia terjadi akibat tingginya faktor ekonomi dan inflasi.

Adapun yang menjadi fokus dalam rapat tersebut adalah urusan pertanian, perdagangan, keuangan, sosial, perhubungan, ESDM, serta perencanaan pembangunan.

“Angka inflasi nasional sangat ditentukan dari kerja pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah. Sehingga peran pemerintah daerah sangatlah penting,” tutur Mendagri.

Dijelaskan Mendagri di bulan November inflasi terdapat penurunan sedikit sampai 5,42 persen namun diakhir tahun data dari BPS merilis angka kenaikan sedikit mencapai 5,51 persen.

Adapun langkah-langkah Badan Pangan Nasional (BPN) dalam penguatan cadangan pangan nasional yaitu dengan mengoptimalkan kinerja Bulog untuk menyerap gabah/beras petani serta penerbitan regulasi pendukung penguatan cadangan pangan pemerintah.

“Sehingga dengan ditetapkannya regulasi berupa Perpres 125/2022, dan Perbadan 15/2022 BUMN Pangan bersama BPN, penguatan cadangan pangan pemerintah setidaknya menjadi lebih stabil,”.

Pemerintah berharap di tahun 2023 bisa meningkatkan anggaran dan bisa memperkuat jumlah kasturit diberbagai wilayah agar inflasi dapat dikendalikan sesuai rencana.(**).