Partisipatif Dalam Pengawasan Bawaslu Minut Ajak Pers dan Ormas Kawal Tahapan Pillkada 2024

Peliput: INNOR

MINUT, BERITA ONLINE LOKAL – Dalam rangka mensukseskan Pilkada 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Jurnalis dan Organisasi Masyarakat, di Sutan Raja Hotel Maumbi, Selasa (25/06/24).

Dalam sosialisasi ini, Bawaslu Minut menghadirkan 3 narasumber yakni, Kepala Kesbangpol Sulut Ferry Sangian, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan dan Ketua Presidium JADI Sulut Johnny Suak.

Ketua Bawaslu Rocky Marciano Ambar mengatakan, sosialisasi yang melibatkan jurnalis dan organisasi masyarakat ini, sebagai bagian untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Bawaslu dalam melakukan pengawasan-pengawasan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Bawaslu adalah sahabat masyarakat dan kita adalah Mitra kerja dalam suksesnya Pilkada 2024. Kesuksesan semua tahapan Pilkada dibutuhkan sinergitas berbagai stakeholder dalam peran pengawasan, sehingga semua proses tahapan bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan Pilkada yang berintegritas dan demokratis,,” ujar Ambar saat membuka kegiatan sosialisasi.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Pilkada bukan hanya sekedar kesuksesan namun budaya kebersamaan harus kita jaga dalam Pilkada nanti agar sesama masyarakat. tidak terjadi gesekan-gesekan.

“Sehingga tidak menimbulkan perpecahan dalam kerangka kekeluargaan dan persaudaraan demi menjaga kelancaran dan keamanan semua proses tahapan Pilkada,” tandasnya.

Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesain Sengketa Waldi Mokodompit mengatakan, peran pers dan ormas sangat membantu dalam mendukung, mengawasi dan mengawal kinerja Bawaslu dalam semua tahapan penyelenggaraan Pilkada.

“Pers sebagai media kontrol dan penyambung informasi kepada masyarakat memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi tahapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Minahasa Utara. Terima kasih buat rekan- rekan media yang selalu mendukung bahkan mengkritisi setiap kinerja kami, kritikan yang positif kami anggap sebagai vitamin, sehingga memotivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi,” tandas Mokodompit.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesain Sengketa Waldi Mokodompit, Sekertaris Bawaslu Michael Polii, para Jurnalis dari Media Cetak, Online, TV, Radio serta Organisasi Masyarakat (Ormas).(**)