Rektor Unsrat Hadiri Webinar Nasional Wawasan Kebangsaan Kaum Muda di Era Pandemi dan Media Sosial

Peliput : Citra Soputan

BERITA ONLINE LOKAL, MANADO— Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA menyampaikan bahwa saat ini pandemi Covid-19 telah mendorong terjadinya percepatan transformasi digital yang membuat peran media sosial semakin tidak tergantikan sebagai saluran komunikasi, informasi, interaksi dan partisipasi masyarakat secara luas.

Hal ini disampaikannya pada saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan kegiatan Webinar Nasional yang mengangkat Tema “Wawasan Kebangsaan Kaum Muda di Era Pandemi dan Media Sosial” yang digelar Kamis, (17/3/2022).

“Kita semua, termasuk kaum muda yang menggunakan media sosial haruslah dibekali dengan kerangka berpikir yang komprehensif agar dapat memberdayakan media sosial secara kreatif dan inovatif. Penguatan literasi digital terutama di masa pandemi bisa mendorong para kaum muda untuk ikut menyebarkan informasi yang berlandaskan kesadaran moral kolektif demi terwujudnya interaksi sosial yang sehat, beradab, santun dan penuh kearifan,”ujar Rektor Kumaat.

Pada kesempaan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulut Roby Sangian S.Sos MAP dalam sambutannya mengatakan sekalipun dalam situasi pandemi Covid – 19, Gubernur berharap kaum muda dapat terus bersatu padu untuk berhadapan dengan tantangan sesulit apapun,. “Tetap menjadi mitra Pemerintah dalam mengkampanyekan program strategis yang ada lewat platform sosial media, sambil terus menjadi pelopor penggunaan media sosial yang bertanggung jawab dan beretika dengan menyebarkan pesan yang revolusioner dan solutif sehingga boleh berdampak terhadap percepatan pembangunan berwawasan kebangsaan nasional,”ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen. Pol. Drs. Mulyatno SH. MH membawakan materi dengan tema “Kaum intelektual muda di era pandemi dan Medsos”. Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh membawa materi ‘Wawasan kebangsaan intelektual muda di era pandemi dan media sosial’. Ketua KNPI Sulawesi Utara Rio Dondokambey membawakan materi ‘Definisi pengertian dan pentingnya wawasan kebangsaan untuk generasi muda di era pandemi dan media sosial, serta bagaimana memperkuat wawasan kebangsaan untuk generasi muda di dalamnya intelektual muda.