Astaga !! Tak Hanya Mesin Es dan Mini Cold Storage, Sejumlah Fasilitas Bantuan Pabrik Es Ikut Lenyap

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Berita yang menghebohkan masyarakat Kota Bitung terkait Ketua DPK PKP Kota Bitung, Nabsar Badoa datang memenuhi panggilan oleh Kejaksaan Negeri Bitung, melalui surat Nomor: B-01/P.1.14/Fd.1/12/2022 tanggal 04 Januari 2022 terkait penyalahgunaan bantuan pabrik es dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI Tahun 2002 di kelurahan Batu Putih, semakin menarik diikuti.

Dari informasi terbaru yang diperoleh awak media, selain 2 (dua) fasilitas penunjang bantuan pabrik es yakni mesin es dan mini coldstorage, juga terungkap fasilitas penunjang lainnya diduga sudah berpindah tangan.

“Sepengetahuan saya, fasilitas penunjang pabrik es ini bukan hanya mesin es dan mini coldstorage tapi ada genset berukuran besar, alat cetakan es serta alat lainnya,” ucap sumber yang meminta namanya tidak dipublish kepada awak media, Jumat (14/1/2022).

Selain mesin es dan mini coldstorage, ia berharap aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung juga mengusut raibnya fasilitas penunjang lainnya. “Harapannya, semoga terungkap siapa saja pelaku (dalang) hilangnya fasilitas penunjang pabrik es,” tandasnya.

Sementara itu dari pantauan awak media di lokasi pabrik es, hanya menyisakan bangunan tua dengan kondisi memprihatinkan. Sementara fasilitas penunjang (mesin,red-) hilang bak ditelan bumi akibat tingkah oknum yang dinilai merampas hak masyarakat Batu Putih.

Diberitakan sebelumnya, Nabsar yang juga anggota DPRD Kota Bitung terseret dalam kasus tersebut karena diduga punya keterlibatan terkait sejumlah fasilitas penunjang bantuan pabrik es, yakni mesin es balok dan mini cold storage yang sudah diakuisi atau dialihkan kepada dirinya sejak tahun 2010.

Hal ini pun diakui Nabsar, saat dikonfirmasi awak media usai memberikan keterangan. “Pada tahun 2010 saya diminta untuk mengelola mesin es batu dan cold storage, untuk mesin es balok pun sudah rusak dan sudah tidak bisa diperbaiki. Tapi mini cold storage sampai sekarang masih jalan dan saya gunakan pribadi bukan di pabrik,” bebernya, Jumat (7/1/2022) lalu.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung Frenkie Son saat dikonfirmasi terkait hal ini, enggan berkomentar banyak. “No Comment, pada intinya sementara lidik,” singkatnya.

Apresiasi dan dukungan masyarakat kepada Kejaksaan Negeri Bitung terus mengalir. Pasalnya, bantuan pabrik es di kelurahan Batu Putih dari pemerintah pusat yang sudah berlalu 20 tahun, kini diungkap barisan Korps Adhyaksa Bitung.