oleh

Berlubang dan Bergelombang, Jalan Nasional di Bitung Dikeluhkan

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA LOKAL ONLINE, BITUNG – Kondisi ruas jalan nasional di Kota Bitung tepatnya di jalan raya Madidir, dikeluhkan sejumlah pengguna jalan. Selain banyak ditemukan lubang disejumlah titik, permukaannya juga bergelombang.

“Banyak permukaan jalan yang berlubang bahkan bergelombang, ini sangat membahayakan pengguna jalan terlebih di musim penghujan” ucap Mulyadi (30) salah satu pengendara, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, jalan protokol tersebut memang terlihat rata dan mulus dari jauh. Tapi, ketika dilintasi jalannya bergelombang, sehingga membuat pengendara ketar-ketir. “Ini bahaya, apalagi jalan ini padat dilewati kendaraan setiap harinya,” tutur Mulyadi.

“Intinya, kalau melintas harus lebih hati-hati, apalagi saat kendaraan laju. Kalau kena yang aspal bergelombang bisa bergetar. Iya kalau masih bisa mengontrol. Kalau tidak bisa mengontrol, kendaraan adanya bisa terbalik,” tambahnya.

Ia pun menjelaskan, rusaknya jalan nasional yang merupakan jalan protokol Manado-Bitung sudah sejak lama. Namun, perbaikan yang dilakukan pemerintah selama ini hanya tambal sulam. Padahal, jalur tersebut dilalui kendaraan dengan tonase tinggi. “Hanya ditambal. Setelah ditambal, sebelahnya rusak dan seterusnya,” tukasnya.

Mulyadi pun berharap perbaikan jalan segera dilakukan. Hal ini agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat melintas jalan itu. “Harapannya segera diperbaiki, tidak hanya ditambal, itu bukan solusi,” cetusnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Rudy Theno melalui Kabid Bina Marga, Julius Sumanti mengatakan pihaknya selama ini sudah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XV Sulut dan Gorontalo.

“Terkait persoalan ini, kami (dinas PUPR Pemkot Bitung) selalu menyampaikan ke balai jalan nasional. Dan saat ini, kami sementara menyusun terkait permohonan peningkatan jalan nasional. Perlu diketahui kami cukup berkoordinasi dengan BPJN, tidak bisa menindaklanjuti (melakukan perbaikan) karena jalan nasional merupakan kewenangan BPJN bukan kewenangan Finas PUPR Kota Bitung,” pungkas Julius saat dikonfirmasi via seluler.

News Feed