oleh

BKSAP DPR RI “Jatuh Cinta” Dengan Potensi Bitung

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Delegasi Panja Sustainable Development Goals (SDGs) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengagumi potensi kota Bitung.

Hal ini dikatakan Tim Panja yang dikoordinir Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Sihar PH Sitorus saat menyambangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, KEK Kota Bitung sudah sangat siap menjadi lahan investasi karena fasilitas penunjang seperti tol Manado-Bitung dan IHP.

“Baik darat maupun laut, KEK Kota Bitung sangat menunjang dan ini potensi yang harus betul-betul dikelola untuk membangkitkan ekonomi,” ucapnya.

Sihar berjanji bakal ikut mendorong pemerintah pusat agar lebih intens membantu Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung untuk menyiapkan fasilitas penunjang lainnya di KEK.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri saat menerima kunjungan BKSAP DPRI RI menjelaskan soal kesiapan Kota Bitung menampung investor dari berbagai negara.

Dirinya mengatakan, berkat perhatian dan keseriusan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw, KEK Kota Bitung mulai bergeliat dengan hadirnya sejumlah investor asing.

“Dari data, ada 18 perusahaan yang kini telah beroperasi di seputaran kawasan KEK dan empat perusahaan sementara membangun fasilitas di lokasi KEK serta tujuh perusahaan sudah menandatangani MoU untuk masuk KEK,” ucap Wali Kota.

Tidak hanya itu, puluhan investor dari negara lain seperti China, Korea dan Australia lanjut Maurits, sementara mengantri untuk ikut berinvestasi di KEK Kota Bitung.

“Dibantu Pak Olly dan Steven, sejumlah fasilitas sementara kita persiapkan dan benahi untuk mempermudah investor saat mulai membangun di KEK,” tukasnya.

Hadir juga dalam kunjungan itu, anggota Panja BKSAP Komisi XI, Muslim SHI MM, Komisi IV, Heru Widodo SPsi, Komisi III, H Singgih Januratmoko SKH MM, Komisi VI, I Made Urip MSi, Komisi IV, Hj Sakinah Al Jufri SAg.

News Feed