Buka Turnamen, Maurits Sebut Pecatur Orang Berstrategi dan Tidak Mudah Dihasut

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wali Kota Bitung Maurits Mantiri membuka secara resmi Kejuaraan Catur se-Kota Bitung Tahun 2022 dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Pegadaian, Sabtu (5/3/2022).

Bertempat di Warung Kopi Awa, Resting Area kecamatan Maesa, Maurits dalam sambutannya menilai bahwa pecatur merupakan orang yang tidak gampang dihasut.

“Permainan catur jangan dianggap sebagai olahraga yang biasa. Namun, justru olahraga tersebut mengajarkan para pemainnya agar mampu mengatur strategi dan melakukan analisa yang mendalam. Oleh sebab itulah, para atlet catur ini merupakan orang-orang yang harus terus dibina di Kota Bitung,” ucapnya.

Menurutnya, pemain catur juga merupakan orang-orang yang memiliki strategi dan analisa, sehingga dapat bermain dengan mengontrol emosi dan tenang.

“Saya yakin, para pecatur adalah orang-orang yang memiliki strategi dan analisa sebab mereka bermain dengan mengontrol emosi dan tenang, sehingga tak gampang dihasut. Sesungguhnya, pecatur ini adalah orang yang pintar, dan harus terus kita bina di Kota Bitung,” kata Wali Kota.

Maurits pun berharap kedepannya kejuaraan catur seperti ini, dapat diadakan lebih besar lagi agar semakin banyak lahir atlet-atlet catur yang andal di Kota Bitung.

“Mudah-mudahan kejuaraan seperti ini kedepannya harus digelar lebih besar lagi agar melahirkan bibit atlet catur yang dapat mengangkat nama baik Kota Bitung diajang olahraga catur, baik tingkat provinsi maupun nasional,” tukasnya.

“Terimakasih juga buat PT. Pegadaian Kantor Area Manado 2 yang sudah membantu kami (Pemkot Bitung) mencari dan melahirkan bibit atlet catur di Kota Bitung melalui turnamen ini, sekali lagi terimakasih,” tambah Wali Kota.

Sementara itu, Vice President Pegadaian Area Manado 2 Hi. Udin Syamsudin SE MM mengatakan bahwa turnamen catur digelar merupakan kerjasama PT. Pegadaian Area Manado 2 dengan Pemerintah Kota Bitung. “Selain menciptakan bibit atlet catur, juga membangun solidaritas dan keakraban masyarakat di Kota Bitung,” ucapnya.

Menurutnya, kerukunan antar umat beragama di kota Bitung, harus selalu seiring dan sejalan. “Agar proses pembangunan di Kota Bitung jauh lebih kondusif, maka solidaritas keluarga dan kerukunan harus bersama dan jalan bersama mendukung Pemkot Bitung menuju Bitung hebat. Dan tentunya kami berharap Percasi Kota Bitung terus meningkatkan prestasi,” pungkasnya.

Diberitakan, turnamen catur se-kota Bitung tanpa biaya pendaftaran dan digelar selama 2 (dua) hari dengan total hadiah senilai Rp10 juta ditambah piala bergilir PT. Pegadaian.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Kota Bitung Benno Mamentu, Hasan Suga dan Erauw Sondakh serta para pejabat di lingkup Pemkot Bitung.