oleh

Bupati JS Sukses Pimpin Mitra, dari Administrasi Hingga Penanganan Covid-19

KESUKSESAN fantastik dari James Sumendap, salah satuya sukses membawa Kabupaten Mitra meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keenam kalinya secara berturut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut. Prestasi ini, tentunya, bukti komitmen JS-Oke dalam pengelolaan administrasi keuangan yang baik.

Sementara dalam penanganan pandemic Covid-19. JS-Oke berhasil melindungi warganya. Buktinya, Kabupaten Mitra berhasil masuk zona hijau berdasarkan peta resiko Covid-19.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra David Lalandos menegaskan bahwa bahwa keberhasilan masuk zona hijau tak terlepas dari peran Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi. Keduanya, kata David, sukses memberikan motivasi kepada jajaran untuk memaksimalkan upaya penanganan Covid-19.

“Ini merupakan komitmen Pak Bupati James dalam menjamin keselamatan warga Kabupaten Minahasa Tenggara dari ancaman Covid-19,” tegas Sekda.

Meskipun demikian, Sekda mengakui bahwa perjuangan dalam penangganan Covid-19, tidak sedikit kritik maupun cercaan yang dialamatkan kepada Pemkab Mitra, seperti upaya memaksimalkan vaksinasi. Bahkan dalam rapat kerja daerah bidang kesehatan yang diikuti menteri, Sumendap bahkan mengambil ungkapan ‘dengan berdarah-darah’ dalam menggambarkan situasi penanganan Covid-19.

“Komitmen kuat Pak Bupati James mampu ditularkan ke semua jajaran sehingga gugus tugas tetap teguh. Kokoh dalam berprinsip tidak masalah dibully yang penting tujuannya untuk keselamatan masyarakat Mitra. Hasilnya Mitra PPKM level satu, dan ini satu-satunya zona hijau di Sulawesi Utara,” ucap Lalandos.

Beberapa Prestasi dan penghargaan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, diantaranya :
• Menerima Tanda Kehormatan Presiden Satya Lencana Pembangunan di Bidang KB tahun 2018.
• Menerima Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Pratama Tahun 2018.
• Menerima Penghargaan Atas Prestasi Dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 dari Kemeterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Predikat “B”.
• Penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan Tahun 2019.
• Penghargaan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Pemerintah Tahun 2019 Peringkat Ketiga Kategori Menuju Informatif.
• Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2019 Kategori Pratama.
• Meraih capaian tertinggi Monitoring Center of Prevention (MCP) KPK di Sulawesi Utara yakni mencapai 91 persen dalam hal pencegahan
Meraih capaian tertinggi Monitoring Center of Prevention (MCP) KPK di Sulawesi Utara yakni mencapai 91 persen dalam hal pencegahan korupsi.
• Meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 untuk yang keenam kalinya.
• Rangking 1 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) se-Sulut, serta sejumlah prestasi dan penghargaan lainnya.

News Feed