Desa Tumaluntung Satu Wujudkan Pembangunan Desa dan Taransparansi Penggunaan Anggaran

AMURANG– Dipenghujung Tahun 2018, Pemerintah Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran tetap berjuang memacu pelaksanaan program desa. Bukan hanya itu, penggunaan anggaran Dana Desa pun dipertanggungjawabkan dan dilakukkan dengan transparan kepada masyarakat.


Hukum Tua Desa Tumaluntung Satu Arther Hadi Mokalu kepada media ini mengaku bahwa pihaknya telah semaksimal mungkin dalam menjalankan program yang menjadi kebutuhan masyarakat yang dipimpinnya. “Pembangunan drainase, talud dan gorong gorong serta air bersih menjadi program pembangunan yang diprioritaskan. Memang ada pekerjaan jalan yang hingga saat ini belum dikerjakan dikarenakan faktor cuaca, sehingga pemerintah dan masyarakat sepakat untuk memprogramkan perbaikan jalan nanti tahun selanjutnya,”ujar Mokalu.

Menurutnya, selain pembangunan penggunaan Dana Desa juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan pemerintah. “Selain Bumdes, Dana Desa juga diberikan untuk penyertaan modal, sehingga benar benar dikelola masyarakat, “jelas Hukum Tua termuda di Minsel ini.

Suasana pelaksanaan pelatihan

Ia pun berharap agar nantinya, penggunaan Dana Desa disetiap tahunnya mampu membuat desa yang dipimimpinnya lebih maju dan berkembang. “Selain dari Pemerintah Pusat, tentunya tingkat pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, saya yakin Desa ini mampu menjadi lebih baik jauh dari sebelumnya. Dan masyarakat pun benar benar menikmati perkembangan dan kemajuan yang ada. Satu lagi yang harus diingat,  program pemerintah Desa Tumaluntung Satu perlu diawasi masyarakat setempat, in juga berlaku untuk penggunaan anggaran tahun selanjutnya,  sehingga semua bisa awasi bersama,  “pungkas Mokalu. (citra soputan)