oleh

Dinas Kesehatan Kota Bitung Gelar Sosialisasi Kecacingan

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Kesehatan menggelar Sosialisasi Program Terpadu Kecacingan, Rabu (24/11/2021).

Bertempat di Hotel Summer kecamatan Maesa, sosialisasi tersebut diikuti dokter dan petugas/ pemegang program Cacing dan UKS di 9 (sembilan) puskesmas se-kota Bitung.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Pitter Lumingkewas melalui Sekretaris Dinas dr. Vivi A. Tumbel mengatakan saat ini penyakit cacingan merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat.

Penyakit ini kata Vivi, disebabkan oleh infeksi cacing yang dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas serta berdampak pada menurunnya kualitas SDM dan menimbulkan kerugian ekonomi.

“Nah, dalam upaya menurunkan angka kecacingan agar tidak menjadi masalah kesehatan di masyarakat, maka kita harus meningkatkan cakupan program pengendalian cacingan pada anak balita, anak usia pra-sekolah dan anak usia sekolah dasar,” ujarnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini seluruh peserta untuk berkomitmen dan berkoordinasi dengan baik untuk merumuskan kegiatan penanggulangan cacingan yang terintegrasi dengan baik.

“Harus ada kesepakatan bersama usai kegiatan ini untuk bersama-sama mendukung upaya sosialisasi inj sehingga pada akhirnya angka kecacingan dapat menurun dan masalah kesehatan masyarakat dapat teratasi,” tandas Vivi.

Diberitakan juga, sebagai pembawa materi dalam sosialisasi tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr. Octoline Deby Irene Lumopa.

News Feed