oleh

Dinas PUPR Kota Bitung Fokus Perbaikan Jalan dan Drainase

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bitung telah menyiapkan sejumlah rencana kerja yang siap untuk direalisasikan di tahun 2022.

Adapun sejumlah rencana yang dimaksud yakni perbaikan fungsi jalan dan fungsi drainase. Tak cuma fokus disitu, Dinas PUPR Kota Bitung juga akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk melakukan berbagai pembangunan lainnya.

“Fokusnya masih dalam rangka perbaikan infrastruktur jalan dan drainase,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Ir. Rudy Theno ST MT kepada awak media, Selasa (11/1/2022).

Dijelaskannya, untuk pembangunan jalan, pihaknya fokus dalam pembangunan akses yang menghubungkan akses antar wilayah dalam Kota Bitung.

“Selain itu, akan dibangun jembatan merah sebagai jalan penghubung antara Kelurahan Manembo-nembo dengan Kelurahan Girian Weru Satu yang nantinya bakal menyeberangi Kuala Jengki,”ujar Rudy.

Ia pun menyatakan jika proses pembangunan Jembatan Merah bakal menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar. “Untuk anggarannya berasal dari APBN 2022, tinggal action, dananya sudah siap dan tinggal kita realisasikan,” bebernya.

Selain itu, Rudy juga menuturkan, dalam meningkatkan kenyamanan dan memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan jaringan jalan di Kota Bitung, Dinas PU akan fokus pada perbaikan dan rehabilitasi beberapa ruas Jalan.

Sedangkan untuk drainase, Dinas PUPR akan mengurangi titik-titik banjir dan genangan dengan melaksanakan rehabilitasi dan perbaikan jaringan drainase, normalisasi saluran drainase dan pembersihan drainase.

“Karena sedikit banyaknya fungsi drainase ini kan cukup berpengaruh dalam mengatasi banjir di Kota Bitung. Itu makanya kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk bisa mencakup semua itu,” tandas Rudy.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Bitung Rizal Sompotan ST MM menuturkan melalui helm kuning sudah melakukan penambalan jalan di wilayah Pateten, Bitung Timur dan Aertembaga dalam menyikapi aspirasi (kebutuhan) masyarakat.

Selain itu lanjut Rizal, pihaknya juga sudah mensurvei sejumlah ruas jalan rusak. “Diantaranya jalan Puskesdes di kelurahan Tendeki, jalan Puskesmas Girian, kerusakan jalan di kelurahan Tandurusa bersama Ketua Komisi C DPRD Bitung, ibu Vivi Ganap dan survei jalan menuju rumah singgah kota Bitung bertepatan kita (Bina Marga) bersama Ketua DPRD Bitung, pak Aldo Ratungalo,” tukasnya.

Rizal pun menambahkan, pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan rusak yang memilki peran penting terhadap peningkatan perekonomian masyarakat untuk segera dilakukan perbaikan.

“Intinya pembangunan infrastruktur jalan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, karena infrastruktur jalan merupakan salah satu kebutuhan vital yang harus dipenuhi,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Bitung, Norke Ibrahim ST saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya juga sudah melakukan survei kerusakan saluran di sejumlah wilayah.

“Kemarin, kami turun ke Tandurusa bersama anggota DPRD Bitung, ibu Vivi Ganap untuk meninjau kerusakan saluran. Pada intinya kami akan perbaiki dan juga mengoptimalkan fungsi drainase,” ucapnya.

Dirinya juga menyebutkan, bahwa banyak hal yang mempengaruhi fungsi dari drainase tersebut, mulai dari sampah hingga tersumbatnya aliran air oleh pasir atau lainnya.

Norke pun mengimbau warga untuk menjaga kebersihan, mengingat banjir kerap terjadi akibat adanya penumpukan sampah di saluran air. Akibatnya air menggenang di badan jalan.

“Kami harapkan semua pihak sadar untuk turut menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak ada penyumbatan di saluran masuk air. Kami akan upayakan ke depan tidak ada lagi banjir,” tandasnya.

News Feed