oleh

Dinkes Diminta Kontrol Kualitas Air Isi Ulang

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Akhir-akhir ini depot air isi ulang di Kota Bitung kian marak. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Bitung diminta untuk memperketat pengawasan.

“Dinas Kesehatan harus pro aktif turun lapangan melakukan pemeriksaan secara rutin, apakah layak dikonsumsi atau tidak,” ucap Wakil Ketua Corong Aspirasi Rakyat (C.A.R) Indonesia, Khalid Rahman saat ditemui awak media, Jumat (14/5/2021).

Khalid mengatakan, bahwa sesuai dengan aturan mestinya 6 (enam) sekali dilakukan pemeriksaan. “Jika ada depot yang tidak laik sehat sebaiknya izinnya dicabut, begitu juga pengawasan termasuk penerbitan izin usaha depot air minum. Pemerintah harus berada di garis depan dalam melindungi masyarakat. Ini berkaitan dengan hayat hidup orang banyak,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Jeaneste Watuna saat dikonfirmasi terkait hal ini mengaku jika pihaknya terus melaksanakan pemeriksaan rutin.

“Sterilisasi dan kelayakan secara fisik depotnya menjadi salah satu poin pemeriksaan kami, disamping secara teknis seperti tingkat PHnya. Air yang layak diminum adalah tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna,” jelasnya.

“Jika ada laporan tentu akan kita tindaklanjuti, paling tidak jika terbukti melanggar aturan ijin operasionalnya akan kita cabut,” tegas Jeaneste.

News Feed