dr. Pitter Lumingkewas Jabat Plt. Kepala Dinas Kesehatan

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Mantan Direktur Utama (Dirut) RSUD Manembo – nembo , dr. Pitter Lumingkewas resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung.

Hal ini dibuktikan saat Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menyerahkan Surat Perintah Pelaksana Tugas (SPPT) Nomor : 800/427/WK kepada Pitter di Rumah Jabatan Wali Kota Bitung.

Pitter Lumingkewas saat dikonfirmasi mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung, khususnya Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE.

‚ÄúTerima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Walikota yang sudah mempercayakan saya sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung. Tentunya kepercayaan dan amanah ini akan saya emban dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ucapnya kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/6/2021).

Dirinya juga menjelaskan, hari pertama menjabat sebagai Plt. Kadinkes Kota Bitung akan menata kembali kinerja di lingkup Dinas Kesehatan Kota Bitung.

“Pastinya disiplin pegawai terkait kehadiran dan seragam, kemudian investasi aset, mengejar ketertinggalan serapan anggaran, mensukseskan program prioritas Nasional Vaksinasi, mensukseskan program prioritas Nasional pengendalian Covid-19, penyeimbangan peran preventif dan promotif di Puskesmas,” jelasnya.

Selain itu kata Pitter, konsentrasi untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), penanganan dan pencegahan gizi buruk dan stunting, digitalidasi sistem informasi kesehatan.

“Kerja sama dengan TP- PKK untuk memaksimalkan kegiatan posyandu dan bersama mempersiapkan kota sehat, juga jadi prioritas program kerja. Intinya mewujudkan Bitung Sehat dan Bitung Hebat,” tutupnya.

Sementara itu, jabatan yang diemban dr. Pitter untuk mengisi kekosongan menggantikan dr. Jeaneste Watuna yang sementara menjalani perawatan karena sakit.