Genjot Peningkatan PAD Untuk Pembangunan di Kota Bitung

BITUNG, BERITA ONLINE LOKAL – Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Kota Bitung, Reinald D. Maringka menekankan pentingnya upaya Pemerintah Kota Bitung terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna mendukung pembangunan di Kota Bitung.

Dirinya menuturkan, bahwa urgensi pemerintah daerah dalam memaksimalkan sumber daya ekonomi yang dimiliki untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“PAD memegang peranan vital dalam mendukung program-program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Peningkatan PAD bukan hanya sekadar menjadi target, tetapi juga menjadi tonggak keberhasilan dalam memajukan berbagai sektor pembangunan,” ucapnya, Selasa (16/4/2024).

Reinald pun membeberkan, ada potensi daerah yang perlu dimaksimalkan yakni seperti salah satunya pajak dan retribusi. Instasi terkait perlu didorong untuk terus berinovasi guna meningkatkan PAD dari sektor tersebut.

“Dengan PAD yang kuat, tentunya Pemkot memiliki fleksibilitas dan kemandirian dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah,” bebernya.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya diversifikasi sumber PAD, selain dari pajak dan retribusi daerah, pemkot juga perlu mempertimbangkan sumber pendapatan lain yang berkelanjutan dan berkesinambungan, seperti pengelolaan aset daerah dan pemanfaatan potensi ekonomi lokal yang belum optimal.

“Ada banyak potensi pada sektor-sektor strategis yang mampu mendongkrak PAD, dan sektor itu perlu dioptimalisasi agar dapat memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan daerah secara berkelanjutan,” tutur pria beruban.

Selain itu kata dia, pemkot juga dapat terus berinovasi membuka peluang atau menggali potensi yang bisa menghasilkan PAD melalui perusahaan umum daerah (Perumda).

“Perumda tentu memiliki peran strategis berkontribusi dalam meningkatkan PAD, sehingga perlu terus didorong baik itu dari segi inovasi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Reinald juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung upaya pemkot Bitung dalam meningkatkan PAD.

“Tentunya sebagai masyarakat, kami siap untuk memberikan dukungan penuh dan melakukan pengawasan secara efektif guna memastikan bahwa pengelolaan PAD dilakukan secara transparan, akuntabel, dan efisien,”tegasnya.

Reinald pun mengapresiasi kinerja Wali Kota Bitung Maurits Mantiri yang selama ini terus mengingatkan jajarannya untuk berupaya dan kerja keras dalam memaksimalkan semua potensi sebagai sumber PAD.

“Selain menggenjot jajarannya, beliau (Wali Kota) adalah sosok pemikir yang terus berinovasi dalam menggali setiap potensi untuk meningkatkan PAD demi pembangunan di Kota Bitung, yang tentunya menghasilkan efek positif bagi masyarakat. Harapan kita tentu PAD Kota Bitung terus meningkat dan pembangunan bisa terus berjalan serta merata,” tukasnya.