oleh

Hanya Tambal Sulam, Perbaikan Jalan Nasional di Bitung Tuai Kritikan

Peliput: Reynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Kondisi Jalan Nasional di Kota Bitung akan lebih baik ketimbang sebelumnya. Pasalnya, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XV Sulut dan Gorontalo menutup lubang menganga yang sering menjadi penyebab kecelakaan.

Hanya saja, kualitas perbaikan tersebut yang dilakukan masih banyak menuai keluhan warga karena lubang jalan hanya dibenahi dengan sistem tambal-sulam.

Menurut salah satu pengguna jalan, perbaikan dengan sistem tambal-sulam sudah sering dilakukan. Malah, hampir tiap tahun. Tetapi, usia perbaikan tidak pernah panjang karena jalan yang telah ditambal cepat rusak kembali.

“Pertengahan tahun kemarin sebenarnya sudah pernah ditambal, tetapi tidak pernah bertahan lama,” kata Mahmud (25) saat ditemui awak media, Selasa (25/5/2021).

Meskipun kurang puas, warga tetap mendukung dan berterima kasih kepada instansi terkait yang telah menutup lubang-lubang besar. “Kami berharap penambalan kerusakan jalan jangan asal-asalan,” tambah Mahmud.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Bitung Rudi Theno melalui Kabid Bina Marga Julius Sumanti saat dikonfirmasi via WhatsApp enggan berkomentar banyak.

“Ini domain dari BPJN. Jadi, terkait dengan teknis perbaikannya silahkan kepada yang berwenang. Intinya Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas PUPR fokus dalam perbaikan infrastruktur selama itu masih kewenangan pemerintah Kota. Dan jika itu merupakan kewenangan provinsi maupun nasional, kami (dinas PUPR) akan terus melakukan koordinasi,” singkatnya.

News Feed