Ini Proses Pengangkatan Pala dan RT di Bitung

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Pasca ditandatanganinya Surat Keputusan (SK) Kepala Lingkungan (Pala) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) langsung viral di Media Sosial (Medsos) Facebook, dimana terlihat berbagai status para netizen terkait pengangkatan Pala dan RT.

Hal ini pun ikut ditanggapi Pemerintah Kota Bitung melalui Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan yang menegaskan bahwa pengangkatan Pala dan RT sudah sesuai mekanisme.

“Proses pengangkatan Pala dan RT diawali dari usulan masyarakat ke lurah kemudian diteruskan ke camat untuk di SKkan. Jadi mekanismenya seperti itu,” ucapnya.

Ia pun mengaku proses penandatanganan SK tersebut dilakukan oleh delapan camat disaksikan Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar karena para camat yang nantinya akan mengawasi kinerja Pala dan RT melalui lurah di setiap wilayah masing-masing.

Pun demikian kata dia, kinerja para Pala dan RT terus diawasi camat dan lurah. “Benar-benar menunjukkan kinerja karena akan terus diawasi camat dan lurah. Aturannya para Pala dan RT ini, satu bulan sampai tiga bulan berjalan akan dinilai kinerja oleh lurah dan camat. Dan jika ada yang kinerjanya jauh dari harapan, tentu Pala dan RT siap-siap untuk diganti,” tukas Sekda.

Audy juga menambahkan, bahwa penandatangan SK Pala dan RT bukanlah domain Wali Kota atau Wakil Walikota, karena cukup camat sebagai atasan di wilayah masing-masing.

“Pada intinya SK Pala dan RT itu domainnya camat sebab mereka yang akan bertanggungjawab. Makanya dalam penandatanganan SK, dilakukan oleh camat,” tutupnya.