oleh

Jago Merah Ngamuk di Kompleks Pasar Tua, Ini Data Lengkapnya

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Ratusan rumah di Kompleks Pasar Tua kelurahan Bitung Tengah kecamatan Maesa hangus terbakar akibat amukan jago merah, Rabu (23/6/2021).

Dari data yang diambil dari laman facebook Pemkot Bitung, peristiwa kebakaran hebat tersebut telah meluluhlantakkan 129 rumah dan 1 Masjid yang berada di RT. 10 hingga RT. 13.

Adapun upaya dari Pemkot Bitung terhadap tragedi jago merah diantaranya ;

– Dinas Sosial Kota Bitung telah menyiapkan satu dapur umum dan dibantu oleh Tagana dalam proses menyiapkan makanan bagi korban.
– 4 (empat) tenda darurat dari BPBD, TNI, Polri dan masyarakat untuk menampung para korban bencana kebakaran.
– Pendirian Posko Terpadu di Taman Kesatuan Bangsa Kota Bitung, dimana terdapat posko trauma healing dari Dinas P3A, dan posko kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bitung.
– Saat ini posko bantuan membutuhkan suplai makanan atau bahan makanan, air mineral, pakaian layak pakai serta kebutuhan bayi dan anak-anak.

Dari informasi yang diperoleh dari awak media, kebakaran hebat terjadi pada pukul 13.15 WITA yang diduga berasal dari sebuah rumah kost di RT.11 akibat arus pendek (koslet).

Armada pemadam kebakaran (Damkar) berjibaku untuk berupaya melakukan pemadaman, namun terhalang akses jalan menuju ke lokasi api. Pukul 16.10 api berhasil dipadamkan.

Sementara itu, dalam tragedi jago merah ada 10 armada Damkar yang turun untuk melakukan pemadaman, diantaranya 4 unit mobil damkar Pemkot Bitung, 1 unit mobil damkar Pemkab Minahasa Utara, 1 unit Water Canon milik Polres Bitung, 1 unit milik PDAM Duasudara Bitung, 1 unit milik PT. Pelindo IV Bitung, 1 unit milik Terminal Depot Pertamina dan 1 unit milik PT. Agro Makmur Raya (AMR) Bitung.

News Feed