Jelang Idul Fitri Polres Tomohon Gelar Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2022

BERITA ONLINE LOKAL,TOMOHON—Sekretaris Daerah (Sekda) Tomohon, Edwin Roring SE ME memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat – 22, di Polres Tomohon, pada Jumat (22/04-2022).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda membawakan amanah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dimana Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia, untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022, pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” tuturnya.

Penekanan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan opersi “Ketulat-2022”, yaitu;
Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, niat setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, ĺakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkahpencegahan yang prediktif, gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta dititik rawan kriminalitas, titik kemacetan dan kecelakaan lalulintas
sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap keramaian seperti rest area ,mall, tempat wisata, dll untuk memonitoring kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area tersebut, dorong para pengelola tempat wisata , pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi, satgas panganagar betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan pokok dan pengendalian harga, mantapkan kerjasama , sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat, satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel kesiapan;
Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K, M.H, Sektor Tomohon Edwin Roring , SE, ME, Perwakilan Kajari Tomohon Kasie Pidum Dapot Manurung, SH, Dandim 1302 Minahasa diwakili Danramil Tomohon Kapten Inf. Juris Sahese, Waka Polres Kompol Ferdinand Runtu, S.H, Kadis Perhubungan Drs. Robby Kalangi, M.H, Plt. Kasat Pol PP/kalaksa BPBD Hengky Supit, S.Ip, para Kabag, Para Kasat, Para Kasi, Para PA Res Tomohon, Kapolsek Jajaran Polres Tomohon.

(Meyfi benua)