Kolaborasi dengan KKSS, Laskar Merah Putih Bitung Kembali Gelar Vaksinasi Massal

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Mendukung percepatan capaian vaksinasi di Kota Bitung, Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang (Macab) Bitung dan Komunitas Papa Lagar lagi-lagi terpanggil menggelar  vaksinasi massal.

Berkolaborasi dengan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Bitung, kali ini pelaksanaan vaksinasi massal tersebut bertempat di Kampung Makassar kelurahan Pateten Satu kecamatan Aertembaga, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Plt. Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih Sulawesi Utara Erwin Tandayu SE, Camat Aertembaga Sumeldy Maalangga, Kepala Puskesmas Tinombala dr. Dian Kusumawati Merlyn Lahindo dan pengurus Laskar Merah Putih Macab Bitung.

Saat ditemui, Erwin sangat mengapresiasi atas kinerja dan kemajuan yang dicapai Markas Cabang Laskar Merah Putih Bitung memajukan roda organisasi.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi atas capaian kinerja yang telah dilaksanakan Laskar Merah Putih Macab Bitung dibawah kepemimpinan saudaraku Kasim Amuntu. Ini merupakan satu prestasi dan kemajuan yang tercepat untuk sebuah organisasi,” ujarnya.

Erwin bahkan meminta agar LMP Macab Bitung untuk terus membantu pemerintah kota (Pemkot) Bitung dalam mencapai target vaksinasi.

“Kegiatan vaksinasi massal ini sangat positif, disamping Herd Immunity semakin cepat terbentuk, sudah tentu membantu pemerintah kota Bitung dalam hal capaian vaksinasi. Saya harap kegiatan ini terus dilakukan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Laskar Merah Putih (Macab) Bitung Kasim Amuntu membeberkan kedatangan Erwin dalam rangka silaturahmi. “Kebetulan ada kegiatan di Bitung, beliau pun ikut menyambangi lokasi pelaksanaan vaksinasi massal,” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya kali ini menggelar vaksinasi massal langsung menyasar permukiman padat.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar lebih efektif dalam mencapai target vaksinasi pemerintah kota Bitung melalui Dinas Kesehatan dengan angka 85 hingga 90 persen hingga akhir bulan November ini.

“Tentunya ini lebih efektif, karena warga tidak lagi mengeluarkan biaya transportasi untuk datang ke lokasi pelaksanaan vaksinasi massal,” tukas Kasim.

Kasim menambahkan, akselerasi vaksinasi massal di pekan ini adalah kelanjutan dari inisiasi kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan di kecamatan Maesa, kecamatan Ranowulu dan kecamatan Matuari. “Hal ini terus kami lakukan agar Herd Immunity semakin cepat terbentuk,” tandasnya.

“Kami mengucapkan terimakasih buat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) terlebih khusus kepada pak Haji Ruslan Abdul Gani yang terus mensuport pelaksanaan kegiatan ini. Tak lupa juga buat pemkot Bitung melalui Dinas Kesehatan yang selalu bersama-sama dengan kami di vaksinasi massal,” tambah Kasim.

Terpisah, Lurah Pateten Satu Farida Ngurawan SE juga mengapresasi Laskar Merah Putih Macab Bitung, Komunitas Papa Lagar dan KKSS Bitung.

“Patut diapresiasi. Ini sangat membantu dalam meraih target capaian vaksinasi karena Pateten Satu jumlah penduduk yang sudah divaksin masih rendah, masih dikisaran angka 51 persen,” ucapnya.

Farida pun menambahkan pihaknya akan terus menggenjot capaian vaksinasi di wilayahnya hingga 100 persen.

“Intinya kami terus menggenjot vaksinasi dengan sistem jemput bola. Pala, RT serta Satgas COVID-19 semua bergerak dengan memberikan pemahaman serta ajakan untuk divaksin. Sekali lagi terimakasih,” tutupnya.

Salah seorang peserta vaksin, Samsiah (36) menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Laskar Merah Putih, Komunitas Papa Lagar dan KKSS Kota Bitung atas terselengaranya kegiatan vaksin massal ini.

“Kami sebagai masyarakat sangat terbantu sekali atas pelaksanaan vaksin ini, tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi (ojek),” ujarnya.

Ia pun mengakui, dirinya sangat nyaman mengikuti vaksinasi tersebut karena prosesnya yang tertib, pelayanan yang ramah dari panitia dan tenaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan. Ditunjang dengan lokasi yang sejuk.

“Mari seluruh pihak untuk segera melakukan vaksinasi sebagai bentuk upaya dan ikhtiar bersama dalam memutus rantai penularan virus Corona,” tandas Samsiah.