Maurits-Hengky : Peringatan HUT RI ke-76, Momentum Jadikan Bangsa Lebih Kuat, Tangguh dan Maju

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 yang digelar Pemerintah Kota Bitung berlangsung khidmat, Selasa (17/8/2021).

Bertempat di Lapangan Kantor Wali Kota Bitung, upacara kali ini sangat terbatas dengan menerapkan prokes COVID-19, namun peserta upacara tetap semangat, didukung cuaca yang baik, sehingga upacara berjalan dengan lancar.

Pantauan awak media, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar berbagi peran dalam peringatan HUT RI ke-76.

Wali Kota Maurits bertugas sebagai inspektur upacara pengibaran bendera sedangkan Wakil Wali Kota Hengky menjalankan tugas inspektur upacara penurunan bendera.

Usai menjalankan tugas sebagai inspektur upacara, Maurits-Hengky kepada awak media mengakui bahwa, upacara HUT RI ke-76 Tahun 2021, Kota Bitung masih dalam era pandemi COVID-19, sehingga berbeda dengan upacara HUT RI sebelum COVID-19 melanda dunia, namun tidak melemahkan semangat kebangsaan anak bangsa untuk mencintai kemerdekaan ini.

“Upacara HUT RI kali ini, menerapkan prokes yang ketat, pesertanya terbatas, namun kita tetap semangat, kita berharap wabah ini cepat berakhir, masyarakat kita terhindar dari bencana ini,” ucapnya.

Maurits-Hengky juga mengajak untuk mengimplementasikan semboyan peringkat HUT ke-76 RI tahun ini yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

“Semboyan ini hanya bisa dicapai jika semua bahu-membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan. Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian yang akan kita hadapi dan kita harus terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” kata Maurits-Hengky.

Maurits-Hengky juga mengajak memegang teguh nilai-nilai toleransi, Bhinneka Tunggal Ika, Gotong Royong dan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kita lewati ujian pandemi dan ujian-ujian lain setelah ini, dengan usaha yang teguh, disertai dengan doa pengharapan yang tulus. Kita jaga kesehatan kita, disiplinkan diri dalam protokol kesehatan, serta saling menjaga dan saling membantu agar kita menang melawan COVID-19,” pungkasnya.

Upacara pengibaran dan penurunan bendera juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung, Sekretaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh, Ketua DWP Kota Bitung, Rinny Pangemanan Tinangon dan pejabat Pemkot Bitung.(ADV)