oleh

Momen HPN 2022, Ini Pesan “Duo Bestie” DPRD Bitung Kepada Wartawan

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 bisa menjawab persoalan yang dihadapi oleh para wartawan. Salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan informasi berkualitas dan mampu menangkal hoaks.

Hal ini dinyatakan anggota Fraksi Nasdem DPRD Kota Bitung, Hi. Ramlan Ifran dan Indra Ondang saat bersua awak media, Rabu (9/2/2022).

Dua sahabat yang dijuluki duo bestie karena sangat akrab keseharian di aktivitas sebagai wakil rakyat ini mengatakan bahwa seorang jurnalis harus bisa menciptakan sebuah karya jurnalistik yang membangun.

“Seorang jurnalis juga harus mampu menyampaikan informasi sesuai fakta di lapangan, tanpa membuat sebuah opini yang bisa memperkeruh suasana,” ucap Ramlan dan Indra.

Ramlan pun menuturkan bahwa media yang sehat harus terdepan dalam menjaga demokrasi dan menangkal hoaks. Sebab, hoaks bisa berdampak luas dan bisa memecah-belah masyarakat dan mengganggu kamtibmas.

Selain itu kata Ramlan, kasus kekerasan terhadap jurnalis saat melaksanakan tugas liputan masih menjadi persoalan yang masih dihadapi para insan pers. Padahal, HPN telah ditetapkan sebagai momen perjuangan kebebasan pers dan kebebasan ekspresi menuju pemerintahan yang demokratis.

“HPN harus menjadi bentuk koreksi dan evaluasi, baik untuk jurnalis itu sendiri maupun perusahaan media. Kita berharap, di HPN ini juga tidak ada lagi bentuk kekerasan kepada para jurnalis di lapangan saat melakukan peliputan sesuai dengan kode etik jurnalistik,” tutur Sekretaris DPD Nasdem Kota Bitung.

Sementara itu, Indra menambahkan bahwa insan pers perlu memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. “Wartawan harus meningkatkan kualitas diri dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan Undang-Undang Pokok Pers dan Kode Etik,” ujar politisi muda yang duduk di Komisi I DPRD Kota Bitung.

“Prestasi dan loyalitas wartawan di Kota Bitung sebagai pilar demokrasi selama ini sudah baik. Semoga HPN ini lebih baik dan lebih hebat lagi. Sekali lagi selamat Hari Pers Nasional 2022,” tandas Ramlan dan Indra.

News Feed