Pemkot TomohonTandatangan MOU Dengan PT Jaya Ancol

BERITA ONLINE LOKAL,TOMOHON—Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai kota wisata dunia, hal ini juga adalah salah satu misi Pemerintah Kota Tomohon dibawah Kepemimpinan Walikota Caroll J A Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE.

Komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam meningkatkan destinasi wisata dinyatakan melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau penandatangan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Tomohon Sulawesi Utara dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang digelar di Candi Bentar Convention Hall Kawasan Ancol, rabu (27/4/2022).

Kesepakatan bersama ini merupakan langkah awal kolaborasi pengembangan Pariwisata PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dengan Kota Tomohon, dan untuk naskah kesepakatan bersama ini ditandatangani langsung oleh Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH dan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali.

Kolaborasi itu bertujuan untuk pengembangan pariwisata di Kota Tomohon. Kehadiran Ancol Group di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon, tentunya akan menambah pengalaman kolaborasi Jakarta dengan pemerintah lainnya.

Untuk diketahui, ruang lingkup kerja sama tersebut antara lain meliputi penyusunan kajian dari segi bisnis, penjajakan bentuk/skema/model kerja sama serta hal lain yang sehubungan dengan sinergi potensi pengembangan pariwisata di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan adanya pengembangan proyek tourism Tomohon, maka diperlukan IP Character lokal sebagai brand wisata Tomohon. Inisiasi ini akan menggandeng creative animator sehingga berpotensi menambah lapangan pekerjaan baru.

Penandatanganan, disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemprov DKI tentu menyambut baik segala upaya untuk menciptakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah Kota Tomohon Sulawesi Utara.
Dijelaskannya, bentuk kerja sama dalam menjadikan Kota Tomohon sebagai Learning & Knowledge Hub dalam kemasan Pariwisata merupakan suatu konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.
Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Jakarta dan Kota Tomohon, sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi Jakarta, Tomohon, dan secara Nasional.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Senduk mengatakan pihaknya berterimakasih kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta atas ditandatanganinya MoU ini dalam rangka pengembangan dan peningkatan pariwisata di Kota Tomohon.
Pemkot Tomohon juga turut mengajak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta untuk turut serta menghadiri TIFF 2022 yang rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2022.
Diharapkannya adanya kerjasama saat ini akan berdampak pada peningkatan destinasi wisata Kota Tomohon sehingga akan berdampak juga pada peningkatan perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan masyarakat umumnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Kota Tomohon, Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, unsur BP BUMD Provinsi DKI Jakarta bersama jajaran PT Pembagunan Jaya Ancol Tbk.

(Meyfi benua)