Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulut Gelar Sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda

Manado, Berita Online Lokal.Com- Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, menggelar kegiatan Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberdayaan Pemuda kepada masyarakat.

Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Andi Silangen, SpB KBD melaksanakan Sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda, yang merupakan produk usulan inisiatif DPRD Sulut di dua tempat berbeda.

Yang pertama dilaksanakan, Kamis (02/11/2023) bertempat di ruang pertemuan Kantor Sumo Group Kelurahan Tatahadeng Kecamatan Siau Timur, kemudian dilanjutkan pada hari kedua di Kampung Hiung Kecamatan Siau Barat Utara.

Fransiscus A. Silangen mengatakan, Sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda dilaksanakan dengan tujuan mendengarkan berbagai usulan masyarakat seputar Pemberdayaan Kepemudaan yang nantinya akan dimasukkan dalam Ranperda.

“Usulan-usulan dari masyarakat akan menjadi bahan diskusi di DPRD, sehingga kebijakan yang dihasilkan dapat lebih merespons kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” jelas Silangen.

Disisi lain Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sulut Melky J Pangemanan menggelar sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda, Selasa (21/11/2023) di Desa Laikit Kecamatan Dimembe.

Sosialisasi berjalan antusias, dengan terlihat banyaknya pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sulut Melky J Pangemanan.

Aditiya Pratama masyarakat Desa Laikit kesempatan mempertanyakan apakah Ranperda Pemberdayaan Pemuda adalah reinkarnasi dari Karang Taruna.

“Tidak. Ranperda ini berdiri sendiri dan nantinya bila sudah ditetapkan jadi Perda, akan merangkul semua organisasi pemuda yang tentunya sudah terdaftar di Kesbangpol. Uang APBD bukan milik satu group, tapi milik semua group,” jelas MJP.

MJP juga menjelaskan, bahwa Ranperda Pemberdayaan Pemuda merupakan inisiatif DPRD, kemudian digodok dan disosialisasikan kepada masyarakat.

”Kegiatan sosialisasi ini tujuannya untuk meminta masukan dan menampung usulan masyarakat untuk memperkuat pembahasan di DPRD dan diharapkan generasi di Sulut dapat diberdayakan untuk memperkuat pembangunan daerah,” jelas MJP.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Sulut Amir Liputo menggelar kegiatan Sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda, Kamis (9/11/2023) yang dilaksanakan di ruang Rapat Paripurna DPRD Sulut.

Kegiatan Sosialisasi yang gelar oleh Amir Liputo dihadiri oleh masyarakat dari Kelurahan Kairagi Dua, Buha, Paniki Bawah, Perum GPI dan Mapanget.

Kegiatan Sosialisasi Ranperda Pemberdayaan Pemuda diawali oleh penyampaian Sekretaris Komisi III Amir Liputo, SH yang menjelaskan maksud dari pembentukan Ranperda dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh nara sumber.

Menurutnya, Ranperda dibentuk dalam rangka sebagai pedoman Pemerintah dalam Pemberdayaan Pemuda.

“Tujuannya untuk mewujudkan pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, berdaya saing, berwirausaha dan berdasarkan Undang-Undang Dasar dalam rangka Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Liputo. (JoTam/Advetorial)