Prokes Jangan Kendor, Pemkot Bitung Terus Berupaya Tingkatkan Sektor Ekonomi

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri mengatakan bahwa pemerintah kota berupaya meningkatkan sektor ekonomi selama PPKM level 2. Kebijakan selama PPKM level 2 mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

“Kita semua ingin ekonomi bisa tumbuh, tapi tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” jelas Maurits kepada awak media, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, tim Satgas penanganan COVID-19 di Kota Bitung juga terus melakukan upaya penelusuran dan pemeriksaan dalam rangka memutus mata rantai virus corona. “Kita semua berharap Kota Bitung bisa turun ke PPKM level satu,” tutur Maurits.

Wali Kota mengajak masyarakat untuk terus menekan penyebaran kasus COVID-19 secara komprehensif agar bisa memasuki level 0.

Apalagi kata Maurits, tren kasus COVID-19 cenderung mengalami penurunan. “Intinya protokol kesehatan jangan kendor, biar kota Bitung turun status lagi menjadi PPKM level satu,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Pitter Lumingkewas mengatakan sudah 97,35 persen dari pasien COVID-19 di Kota Bitung dinyatakan sembuh.

“Per tanggal 23 September, untuk pasien yang sembuh sebanyak 2760 dari total pasien COVID-19 yang berjumlah 2835. Sementara untuk kasus aktif kini tinggal 18 kasus,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa angka kesembuhan tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat serta dibarengi dengan kegiatan 3T (testing, tracing dan treatment) yang rutin dilakukan.

Lumingkewas juga menambahkan, untuk jumlah kasus aktif tersebar di 14 kelurahan yang ada di 8 delapan kecamatan. “Tersisa 14 kelurahan yang masih ada kasus aktif namun angkanya terus menurun. Kami juga terus berupaya mempercepat vaksinasi kepada masyarakat,” katanya.

“Meskipun ini kabar baik, kami berharap masyarakat tidak lalai dalam penerapan prokes COVID-19. Tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan jaga jarak,” tambah Lumingkewas.