Raih 11 Kali WTP, Pemkot Bitung Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada Pemkot Bitung.

Penghargaan kali ini terkait keberhasilan meraih 11 (sebelas) kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal ini dibuktikan saat, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Bitung Maurits Mantiri disela pelaksanaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 di Ballroom Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Kamis (22/9/2022).

“Penghargaan ini diterima atas hasil kerja kolaborasi antara BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) dan seluruh perangkat daerah. Ini membuktikan jika kita bekerja dengan kolaborasi dan didasari cinta, maka kita akan mampu memberikan yang terbaik untuk Kota Bitung,” ujar Maurits usai menerima penghargaan.

Ia pun berharap penghargaan yang diterima tidak membuat seluruh jajaran berpuas diri. Sebaliknya, dirinya meminta kepatuhan terhadap ketentuan pengelolaan keuangan harus terus ditingkatkan. “Penghargaan ini harus jadi motivasi bagi kita agar terus bekerja dengan profesional dan akuntabel,” pintanya.

Maurits pun tak lupa menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak. Selain Kementerian Keuangan, hal itu juga ditujukan kepada BPK Perwakilan Sulawesi Utara.

Menurutnya, keberhasilan Pemkot Bitung meraih opini WTP tak lepas dari koordinasi yang baik dengan kedua lembaga itu.

“Sebelas kali memperoleh opini WTP jadi bukti nyata. Itu menunjukan bahwa kita patuh terhadap aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, dan juga rekomendasi dari BPK. Artinya kita punya sinergitas yang baik,” ungkap Wali Kota.

Selain Pemkot Bitung, sejumlah pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga lainnya juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan itu diberikan untuk raihan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2021.

Penghargaan WTP, minimal 5 kali, 10 kali dan 15 kali WTP berturut-turut, diberikan 584 intentitas pelaporan meliputi 36 kementrian lembaga negara, peraih WTP 5 kali berturut-turut dari tahun 2017 hingga 2021.

Sementara, di Provinsi Sulawesi Utara ada 13 daerah yaitu Kota Bitung, Kabupaten Bolsel, Boltim, Bolmut, Sangihe, Sitaro, Talaud, Minahasa, Minsel, Mitra, Kotamobagu, Kota Tomohon dan Kota Manado.