Sambangi Mojokerto, Wali Kota Bitung Belajar Pengolahan Sampah yang Dilakukan Petani

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangdiyeng Kota Mojokerto Jawa Timur, Rabu (6/4/2022).

Kedatangan Wali Kota diterima Ketua DPC PDI Perjuangan Mojokerto, Santoso dan Ketua Komisi II DPRD Mojokerto, Achmad Anwar.

Di lokasi TPA Karangdiyeng, Wali Kota mengagumi inovasi pengolahan sampah yang dilakukan kelompok petani yang tergabung dalam Masyarakat Sejahterakan Petani.

Rupanya, pengolahan sampah di lokasi itu dipadukan dengan pertanian dengan nama program Pertanian Teradu Berbasis Sampah Kota dengan Memanfaatkan Magot.

Menurut Wali Kota, di TPA Karangdiyeng ada dua manfaat yang didapatkan dari pengolahan sampah, yakni sampah non organik diolah menjadi paving blok dan genteng. “Sampah organik diolah jadi biokonversi maggot dan ini yang menarik karena bisa diterapkan di TPA Aertembaga Kota Bitung,” kata Maurits.

Apalagi kata Wali Kota, budidaya maggot tidak begitu sulit untuk dikembangkan, mengingat maggot berkembang biak dengan alami di alam sehingga mudah untuk mendapatkannya.

Maggot bertahan hidup pada lingkungan tropis maupun subtropis sehingga potensi mengembangbiakannya sangat mudah dilakukan di Indonesia, termasuk Kota Bitung yang memiliki iklim tropis.

“Untuk mendatangkan maggot pada dasarnya cukup mudah. Makanya setelah ini, kami akan mengirim utusan akan mengikuti pelatihan di TPA Karangdiyeng,” tandas Maurits.