Sambangi Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Bitung, Ini Kata Olly Dondokambey

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengecek kesiapan Rumah Sakit (RS) Darurat COVID-19 di Rumah Susun Sederhanan Sewa (Rusunawa) Sagerat.

Kedatangan Olly di Rusunawa Sagerat diterima Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurist Mantiri-Hengky Honandar serta sejumlah pejabat Pemkot Bitung.

Maurits mengatakan, Rusunawa disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien terditeksi dan terkonfirmasi positif COVID-19, guna mendapat penanganan dan perawatan.

“Ketersediaan bed atau tempat tidur untuk pasien COVID-19 sudah tidak mencukupi, dari total jumlah pasien. RS darurat ini, nanti akan menempati Tower Tenggiri Rusunawa di Kelurahan Sagerat Weru Satu Kecamatan Matuari,” kata Maurits.

Dirinya menyatakan, ada 96 tempat tidur dan kamar yang disiapkan di RS Darurat di Rusunawa serta fasilitas sementara disiapkan.

Sementara itu, Olly sendiri mengapresiasi langkah Pemkot Bitung yang langsung menyiapkan RS Darurat untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 dan langkah itu sangat disuport.

“Semua kami suport. Seperti alat pelindung diri (APD), obat-obatan kami kirim. Jadi sinergitas pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berjalan dengan baik, kami bantu segala sesuatu. Kalau memang Kota Bitung belum siap kami bantu,” kata Olly.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut ini menyatakan, apapun kebutuhan Pemkot Bitung untuk menangani penyebaran dan pengendalian COVID-19 akan disiapkan serta dipenuhi. “Pokoknya, apa yang Maurits-Hengky minta, kita penuhi,” tegasnya.

Dalam kunjungan itu, Olly menyaksikan menyaksikan penandatanganan penetapan RS Darurat dan SOP Kesehatan oleh Wali Kota.

Hadir juga dalam kunjungan itu, Sekprov Sulut, Edwin Silangen, Kapolda Sulut, Irjen Nana Sudjana, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Debby Kalalo, Plt Kadis Kesehatan Pemkot Bitung, dr Piter Lumingkewas, Kapolres Bitung, AKPB Indrapramana H SIK, mewakili Dandim 1310 Bitung dan Kapolsek Matuari, Kompol Andri Permana SIK.