Sandiaga Uno Apresiasi Maurits-Hengky Perjuangkan Kebangkitan Sektor Pariwisata dan Ekonomi UMKM

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno tidak henti-hentinya memuji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar, Rabu (16/2/2022).

Sandiaga mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada Maurits-Hengky, salah satu kepala daerah di Indonesia yang begitu konsen untuk memperjuangkan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi UMKM.

Bahkan, Sandiaga secara khusus memuji inovasi Maurits bersama Hengky dalam mengeksplor potensi pariwisata yang dimiliki Kota Bitung. “Pak Maurits, terbaik,” teriak Sandiaga seraya mengacungkan jempol.

Tidak hanya itu, ia juga mengaku terkesan dengan presentasi yang disampaikan Wali Kota via zoom meeting. Dan menurutnya, presentasi yang dibawakan Maurits adalah salah satu presentasi terbaik yang dibawakan kepala daerah.

“Ini adalah salah satu presentasi terbaik yang dibawakan kepala daerah. Tidak kaku dan dilengkapi dengan video yang mudah untuk diserap,” tuturnya.

Sandiaga juga menyampaikan, kedatangan dirinya di Kota Bitung tidak sendiri, tapi full tim karena Kementerian menilai Kota Bitung punya potensi yang sangat luar biasa di sektor pariwisata.

Bahkan kata dia, bersama tim dirinya datang khusus untuk melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dan Kota Bitung fokus ke wisata kuliner.

“Harapan kami, lewat sektor yang dipilih bisa membuka peluang usaha utamanya UMKM serta menciptakan lapangan kerja. Kami sangat yakin, ekonomi Kota Bitung akan cepat pulih dibandingkan daerah lain karena punya potensi menjanjikan,” katanya.

Sandiaga juga mengaku bangga karena Pemkot Bitung juga memberikan perhatian terhadap dunia games online yang menurutnya salah satu wadah untuk memperkenalkan Kota Bitung ke seluruh dunia.

“Rupanya Kota Bitung sudah memulai itu. Karena saat ini bicara game online pasti muaranya ke internasional. Ini harus dipupuk dan terus dikembangkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menyampaikan terimakasih kepada Sandiaga yang telah memberikan perhatian khusus terhadap pariwisata Kota Bitung dengan selalu mengirimkan tim untuk melakukan pendampingan.

Dirinya pun berharap Sandiaga lewat Kementerian yang dipimpinnya terus membimbing Kota Bitung dalam mengelola pariwisata. “Kami bermohon ke Mas Menteri, kalau bisa membuat iven fotografi di bawah laut karena Selat Lembeh sudah mendunia dengan keindahan biota lautnya,” tandas Maurits.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, Forkopimda dan Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Bitung, Pingkan Kapoh.