oleh

Satgas TMMD ke-111 Kodim 1310/Bitung Berikan Penyuluhan Bela Negara

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1310/Bitung memberikan penyuluhan Wawasan kebangsaan dan Bela negara kepada warga masyarakat, bertempat di Gedung SMP Negeri 3 Bitung, Kamis (17/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut diisi oleh Mayor Jemmy M. Lotulong yang berlangsung dengan hikmat. Para peserta pun mengatur jarak satu sama lain selama pembinaan diberikan.

“Sebuah negara yang besar merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia, apalagi letaknya sangat strategis. Di antara dua benua dan dua samudera besar sangat diperlukan suatu cara pandang atau wawasan yang berorientasi nasional. (wawasan kebangsaan) yg berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Sambungnya, wawasan kebangsaan sudah dicetuskan oleh seluruh pemuda Indonesia dalam satu tekad pada tahun 1928, yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

“Jadi, Bela Negara bukan semata-mata tugas TNI saja. Akan tetapi, merupakan tugas segenap warga negara Indonesia, sesuai dengan kemampuan dan profesinya. Begitu pula dengan warga sekitar yang ada di Kelurahan Kumersot ini, harus mengerti terkait Bela Negara,” jelas Jemmy.

Dirinya menyampaikan dengan adanya penyuluhan yang merupakan sasaran non fisik dari kegiatan TMMD ke-111. Agar anak bangsa menajdi cerdas dan harus bisa bersatu didalam perbedaan.

Jemmy juga menyatakan yakinkan dan pegang teguh Pancasila dan UUD 1945 sebagai sumber hukum yang senantiasa menjiwai pola pandang.

“Sikap, penghayatan dan perilaku seluruh warga negara dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka, lestarikan lingkungan hidup dengan adanya perbaikan yang dilakukan TMMD ke-111. Contohnya, maka wajib kita jaga dan rawat, ini juga merupakan bagian dari Bela Negara dan bukti TNI ada bersama Rakyat,” tandasnya.

News Feed