Sepenanggungan, Dinas Ketahanan Pangan ikut Bersihkan Sisa Banjir di Belang

BERITA ONLINE LOKAL, BELANG– Peristiwa banjir yang terjadi di Kecamatan Belang dan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, pada Rabu (6/4) kemarin terdampak bagi ribuan kepala keluarga yang berada disana.


Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara, banjir yang terjadi pada pukul 16:15 WITA berdampak pada debit air di sungai Wawesen meningkat sehingga banjir tak terhindari.

Merasa sepenanggungan, pihak Dinas Ketahanan Pangan Mitra yang dipimpin Kadis Aneke Sumendap SPd ikut turun langsung membantu korban banjir dengan kegiatan bersih bersih. “Ini juga merupakan instruksi langsung pak Bupati James Sumendap untuk semua SKPD turun membantu korban banjir dengan melakukan pembersihan,’ujar mantan Kepala BPBD Mitra ini.

Terpantau, Bupati James Sumendap beserta jajaran dilingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara juga ikut turun memantau situasi dan kondisi pasca banjir.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan pun tak tanggung tanggung melakukan pembersihan di Desa Buku Tenggara. Mulai dari kepala dinas hingga THL terpantau ikut membersihkan rumah dan tempat usaha milik warga.


“Kita masih akan melakukan pembersihan kembali di lokasi banjir pada esok hari Jumat (8/4). Sekali lagi ini dilakukan untuk meringankan beban korban banjir di lokasi yang terdampak,”pungkas Sumendap.

Sebagaimana diketahui, banjir di Kecamatan Belang, merendam delapan desa, dengan total warga yang terdampak 2.172 kepala keluarga.


Sedangkan di Kecamatan Ratatotok, banjir dan tanah longsor yang melanda di wilayah tersebut terdampak ke 119 kepala keluarga, terjadi pada pukul 16.00 WITA.
Banjir di Kecamatan Ratatotok akibat meningkatnya debit air di Sungai Soyoan dan Sungai Basaan.

Dampak Bencana Kecamatan Belang
Rincian desa yang terdampak,
1. Buku Selatan : 172kk
2. Buku Tengah : 238kk
3. Buku Utara : 280kk
4. Belang : 225kk
5. Ponosakan Belang : 260kk
6. Buku Tenggara : 210kk
7. Buku : 307kk
8. Borgo Satu : 480kk

*Rumah Rusak Berat :
– Buku Utara : 2 unit
– Buku Tengah : 3 unit
– Buku Selatan : 1 unit
– Belang : 2 unit

*Rumah Rusak Sedang :
– Desa Buku Selatan : 2 unit

*Rumah Rusak Ringan :
– Buku Utara : 2 unit
– Ponosakan Belang : 2 unit

*KORBAN MENGUNGSI :*
42 kepala keluarga

Dampak Bencana Kecamatan Ratatotok

Rincian desa yang terdampak
– Desa Soyoan : 97kk
– Desa Basaan : 4kk
– Desa Basaan Satu : 11kk
– Desa Morea Satu : 6kk
– Desa Morea : 1kk (tanah longsor)
Jumlah : 119kk