Seriusi Masalah Stunting, Pemkot Tomohon Rakor Bersama Wapres

BERITA ONLINE LOKAL, TOMOHON— Permasalahan Stunting menjadi salah satu prioritas pemerintah Daerah Kota Tomohon. hal ini dilakukan sesuai arahan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin saat rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting yang di gelar secara virtual,Senin (23/8)

“Pemerintah Kota Tomohon akan menindaklanjuti apa yang telah diputuskan dalam Rakornas ini terlebih lagi apa yang menjadi arahan dari Wakil Presiden RI terkait Stunting,” ujar Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut saat mengikuti Rakornas via virtual dari Ruangan Kominfo Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon.

Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Penurunan Stunting yang mengambil tema “Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting” Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan. Pemerintah Daerah harus memetakan program dan anggaran yang terkait percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.

“Pemetaan tersebut sangat penting untuk mengetahui program apa saja yang masih berjalan dan program apa saja yang cakupannya belum merata. Termasuk program stunting yang terhenti selama masa pandemi covid-19.” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Wakil Presiden juga menegaskan pentingnya konvergensi dalam program percepatan penurunan stunting di Indonesia. Ia meminta agar program-program intervensi dapat dilaksanakan dan dilaksanakan secara optimal, sehingga berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting.

“Dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting ada 5 pilar utama yang penting dalam percepatan penurunan stunting. Kelima pilar itu adalah komitmen politik dan kepemimpinan nasional dan daerah; kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku; konvergensi program pusat, daerah, dan masyarakat; ketahanan pangan dan gizi; dan monitoring dan evaluasi.” jelas Amin.

Perpres juga mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana aksi nasional.

“Saya meminta agar rencana aksi nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut di atas,” tutur Amin.

Wapres meminta rencana aksi nasional mendorong dan menguatkan konvergensi antar program yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan. Sehingga harus disusun dan disepakati bersama.

Hadir juga secara virtual bersama Wakil Walikota Tomohon beberapa Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, yaitu Plt. Kadis Kesehatan, Kaban Bapelitbangda, Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis PU, Kadis Dikbud dan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB