Sosok Pers di Mata Presiden Jokowi

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 kali ini dipusatkan kegiatannya di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.


Keseharian Jokowi tak pernah jauh dari yang namanya Wartawan, bahkan dalam rutinitas tugasnya, para Menteri sering tak mendampingi dirinya, tapi tidak dengan keberadaan pers.


Hal ini diakui Jokowi saat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Sepenggal catatan dituliskan lewat page resmi orang nomor satu di RI ini.


Isinya demikian, :
Tahukah Anda siapa yang kerap membuat saya jadi gugup?
Mereka adalah para wartawan. Insan pers yang mengejar saya sehari-hari, menghadang saya untuk doorstop interview, yang menyebabkan saya kadang-kadang gugup dan gagap, tidak siap ditanya sesuatu.

Ke mana pun saya pergi yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan. Menteri kadang-kadang tidak ikut, tetapi wartawan pasti ikut. Hubungan saya dengan pers ini jadinya bukan benci tapi rindu, tetapi selalu di hati dan selalu rindu hehe.


Karena itulah, saya merasa penting untuk hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang digelar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, hari ini. Insan pers adalah teman saya sehari-hari.
Selamat Hari Pers Nasional 2020.


Itulah sepenggal tulisan tentang Pers yang disebarkan lewat media sosial kepada masyarakat Indonesia. (Fanny Karinda)