oleh

Targetkan 90 Persen Akhir November, Lurah se-Kota Bitung Diminta Genjot Capaian Vaksinasi

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Vaksinasi sebagai salah satu cara untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 terus didorong pencapaiannya. Karena itu, pemerintah kota Bitung terus menggenjot capaian vaksinasi.

Lurah dinilai memiliki peranan penting untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi, karena itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Pitter Lumingkewas meminta seluruh Lurah di kota Bitung untuk menyukseskan vaksinasi di wilayah masing-masing.

“Lurah mempunyai peran penting untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk divaksinasi,” ucapnya saat bersua awak media, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, pelaksanaan dapat dilakukan dengan sistem jemput bola di kelurahan dan juga pada faskes puskesmas setempat.

“Lurah mana saja yang masuk wilayah kerjanya dengan jumlah penerima vaksin yang masih rendah akan terus digempur, sehingga kumulatif penerima vaksin di wilayah tersebut mengalami peningkatan,” tuturnya.

Pitter pun membeberkan bahwa target capaian vaksinasi per hari 2500 dosis. “Namun hingga sekarang ini masih di angka 800an. Intinya peranan lurah sangat penting. Kalau sesuai dengan target, dipastikan akhir November capaian vaksinasi bisa mencapai 85 hingga 90 persen, nah ini sementara kita genjot,” tukasnya.

“Kami juga membutuhkan peranan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi agar bisa aktif melaksanakan vaksinasi massal. Dan pastinya teman-teman media agar bisa memberikan edukasi ke masyarakat melalui pemberitaan serta menangkal hoax sehingga meyakinkan masyarakat akan perlunya di vaksin sebelum Natura (Natal dan Tahun Baru),” tambah Pitter.

Sementara dari data yang diperoleh capaian vaksinasi COVID-19 kota Bitung yakni vaksin tahap I sebanyak 107.274 (61,07%), vaksin tahap II sebanyak 69.732 (39,70%) dan vaksin tahap III sebanyak 1.242 (101,97%).

News Feed