Tiga Tahun Kepemimpinan Maurits-Hengky, Warga Terdampak Tol : Terimakasih Pak Wali Kota

BITUNG, BERITA ONLINE LOKAL – Pemimpin yang terus memperjuangkan hak masyarakat demi kesejahteraan, patut disematkan kepada Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri.

Kali ini dibuktikan, sejak pembangunan jalan tol Manado-Bitung yang masih meninggalkan sejumlah permasalahan. Salah satunya, proses pembayaran lahan sisa milik warga Kota Bitung yang terkatung-katung selama 8 (delapan) tahun akhirnya terjawab berkat dukungan dan terobosan Om Kumis panggilan akrab Wali Kota Bitung.

Alhasil, warga yang memiliki hak atas lahan akibat dampak pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Kota Bitung mendapat uang ganti kerugian (UGK) yang dilaksanakan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bitung, Selasa (2/4/2024).

Maurits yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa hal ini sebagai bukti perhatian dari Pemerintah Kota Bitung demi kemaslahatan warga.

“Tentunya perjuangan ini tidak sia-sia, jika kita bekerja dengan cinta pasti akan ada hasil yang positif. Terimakasih juga buat Kepala BPN Bitung, PPK Pengadaan Jalan Tol Manado-Bitung, Polres Bitung dan Perwakilan masyarakat yang selalu berkolaborasi dengan kami (Pemkot Bitung) hingga hak warga bisa mereka terima,” ucapnya.

Wali Kota juga mengajak warga terdampak tol tak boros saat telah menerima uang ganti kerugian. Jangan sampai mereka menyesal karena uangnya habis begitu saja.

“Saya harap apa yang diterima hari ini agar dimanfaatkan dengan baik, untuk kebutuhan pokok keluarga, utamakan untuk yang sangat dibutuhkan,” pungkas Maurits.

Sementara itu, Ketua Tim Perwakilan Masyarakat, Reinald Maringka saat ditemui mengapresiasi kinerja dan menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM, yang sudah memberikan hadiah spesial kepada masyarakat di momen Tiga Tahun Kepemimpinan-Nya bersama Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar.

“Pak Wali Kota Maurits dan Pak Kapolres Bitung AKBP. Albert Zai sangat aktif memberikan dukungan dan semangat, hingga memfasilitasi kami (perwakilan) menyambangi beberapa kementerian yang terkait dengan pembangunan lahan tol Manado-Bitung agar warga kota Bitung bisa mendapatkan haknya akibat proyek strategis nasional ini, juga terimakasih buat Sekretaris BKAD Pemkot Bitung, Pak Jacob Makagansa yang akrab disapa Pak Nando yang selalu mendampingi kami dalam memperjuangkan hak masyarakat,” tuturnya.

Pria beruban ini juga membeberkan, bahwa sebanyak 24 bidang tanah milik warga yang menerima uang penggantian tersebut. “Lahannya berlokasi di kelurahan Pinokalan, Madidir Unet, Kadoodan, Bitung Tengah, Kakenturan Satu, Pateten Tiga dan Pateten Satu. Intinya perjuangan kami tidak sia-sia,” bebernya.

Reinald pun berharap, bahwa pelaksanaan pembayaran UGK tersebut akan terus dilaksanakan secara bertahap agar masyarakat bisa mendapatkan haknya.

“Untuk kloter berikutnya sudah ada yang disetujui oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan sudah diterima oleh pihak PPK Pengadaan Tanah, yang nantinya secara teknis pelaksanaannya dilakukan oleh pihak ATR/BPN. Informasinya hari Jumat tanggal 5 April, semoga seluruhnya bisa terbayarkan karena lebih cepat lebih baik, Sekali lagi ini berkat dukungan yang begitu optimal dari Wali Kota dan Kapolres Bitung. Sukses dan sehat selalu,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Rita Mantiri-Tangkudung, Kepala Kantor Pertanahan Kota Bitung selaku Ketua Pelaksanaan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, Budi Tarigan, SH., ME, PPK Pengadaan Lahan Tol Manado-Bitung Weynni Paulce Mawey, Kasat Reskrim Polres Bitung Iptu Gede Indra Asti Angga Pratama STRK SIK MH, Kasat Intelkam Polres Bitung AKP. Andri Permadi SIK, KBO Sat Intelkam Ipda. Alfonsius Kawang, Kabag Hukum Pemkot Bitung Budi Kristiarso SH MH, bersama para Camat dan Lurah.