Tutup Kegiatan KKN, Wawali Bitung Titip Pesan ke Mahasiswa UMM

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Wakil Wali (Wawali) Kota Bitung Hengky Honandar secara resmi menutup kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Manado tahun ajaran 2021/2022.

Penarikan mahasiswa peserta KKN Universitas Muhammadiyah Manado (UMM) digelar di Lapangan Tenis Kantor Wali Kota Bitung, Selasa (29/3/2022).

Hengky Honandar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UMM yang telah memilih Kota Bitung sebagai tempat studi KKN.

Hengky juga menyatakan rasa bangga kepada para mahasiswa peserta KKN yang telah menjalankan tugas di Kota Cakalang.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian saudara-saudari di kota kami, sekalian kami merasa sangat terbantu terutama dalam bidang kesehatan. Ini adalah ilmu, dimana mendapatkan pengalaman belajar melalui keterlibatan secara langsung di tengah masyarakat dan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran,” ucapnya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan empati dan kepedulian terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, Wawali berharap agar para peserta KKN terus meningkatkan kedewasaan dan kepribadian, daya saing, dan jiwa peneliti, serta memelihara dan meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Mahasiswa di tengah masyarakat telah menginspirasi dan mengajarkan warga untuk memiliki cita-cita menjadi pribadi yang lebih baik,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Hengky menitip pesan kepada para peserta KKN bahwa nilai dari sebuah pengabdian dapat diukur dari sejauh mana program yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya bagi sesama.

“Jika kita bisa memimpikan, maka sudah dipastikan kita bisa. Ingatlah, bahwa nilai dari sebuah pengabdian akan diukur dari sejauh mana program yang dijalankan dapat dirasakan pemanfaatannya,” tutupnya.

Diketahui, 231 mahasiswa peserta KKN beranjak dari Kota Bitung usai mengabdi selama 3 (tiga) pekan. Hal ini sesuai dengan laporan Ketua Panitia KKN Universitas Muhammadiyah Manado Rizal Arsyad SAg MA yang terbagi dalam tiga program studi.

Kegiatan penarikan mahasiswa peserta KKN UMM dihadiri Rektor UMM Agust A. Laya SKM MKes bersama jajarannya, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bitung Rio Karamoy, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Bitung Stella Mangkey, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bitung Vonny Tumundo dan camat se-kota Bitung.(***)