oleh

Via Zoom Meeting, Joune Ganda Hadiri Webinar DPP PDI-P Dengan Tema Desa Wisata

Peliput: INNOR

BERITA ONLINE LOKAL, MINUT– DPP PDI Perjuangan (PDI-P) Bidang Pariwisata menggelar webinar Desa Wisata dalam mewujudkan kembali gairah pembangunan perdesaan dengan tema “Hilirisasi Produk Agro dari Desa Wisata dalam Upaya Penciptaan Kehadiran Ekonomi Masyarakat’ ini digelar Kamis (12/8/2021).

Diskusi yang bertujuan menggairahkan sektor pariwisata di tengah pandemi covid-19 ini diikuti sejumlah tokoh nasional dan kepala daerah di Indoenesia, salah satunya Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDIP Sulut itu.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dimasa pandemi ini dan perlu kita bangkitkan kembali gairah dari dunia wisata di Indonesia khususnya di Minahasa Utara. Hari ini saya sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara, mengikuti Webinar Desa Wisata yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata,”kata Joune Ganda.


Sementara itu, JG sapaan akrabnya mengatakan, webinar ini diikuti narasumber berbagai pihak yang berkompeten dan pihak terkait dengan sektor pariwisata. Diantaranya, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Dra. SB. Waryanti Sukamdani, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Wakil Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dony Oskaria, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua Penasehat HIPPINDO (Himpunan Paritel dan Penyewa Pusat Belanja Indonesia) Hendaka Santosa, Mantan Bupati Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wakil Walikota Semarang Hevarita Gunaryanti Rahayu.

“Kiranya sektor pariwisata nanti bisa kembali memberi dampak yang bermanfaat terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat. Event Trisakti Tourism Award yang dilaksanakan dimana event ini mengangkat keunikan budaya serta kearifan lokal suatu desa kiranya bisa kembali menambah gairah dunia wisata yang telah berkurang karena pandemi,”tandas Bupati berlatar belakang pengusaha itu.
Lanjut JG untuk kembali mengairahkan perekonomian rakyat dibutuhkan berbagai inovasi. “Pariwisata juga diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih bermanfaat terhadap pemenuhan kebutuhan ketersediaan pangan secara berdikari kepada masyarakat yaitu melalui praktek desa wisata,” kata Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDIP Sulut.

Sekedar informasi Kabupaten Minahasa Utara sendiri mengikutsertakan enam desa dalam Lomba Trisakti Award yakni, Desa Wisata Budaya Lokal Maumbi, Desa Wisata Kreatif Lembean, Desa Wisata Alam Lihunu, Desa Wisata Budaya Sawangan, Desa Wisata Alam Kolongan, Desa Wisata Alam Pulisan.

News Feed