Wakili Bitung, Kelurahan Pateten Tiga Terus ‘Hias Diri’ Jelang Lomba PHBS Tingkat Provinsi

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Menjelang penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan Kamis 4 November, Kelurahan Pateten Tiga terus dipercantik.

Nampak, Lurah Pateten Tiga Syarif Takahindangen S.Sos beserta masyarakat terus melakukan pembenahan dengan selalu melakukan gotong royong bersama, membersihkan lingkungan mereka masing-masing.

“Sebenarnya gotong royong bukan nanti dilakukan saat menghadapi lomba, namun hal ink sudah secara rutin kami lakukan. Selain sosialisasi hidup bersih dan sehat, tiap pagi perangkat kelurahan bersama masyarakat diwajibkan 30 menit untuk menyapa lingkungan sehingga Pateten Tiga bebas dari penyakit dan terlihat asri serta indah dipandang mata,” ucap Syarif saat bersua awak media, Rabu (3/11/2021).

“Yang pastinya, persiapan yang kami lakukan untuk menghadapi Lomba PHBS Tingkat Provinsi ini adalah dengan cara tetap menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat seperti yang telah dilakukan masyarakat kelurahan Pateten Tiga secara bersama-sama dalam melakukan gotong royong,” tukasnya.

Syarif pun membeberkan, persiapan dan pembenahan yang terus dilakukan tidak lepas dari saling mengadakan koordinasi dengan pemerintah Kota Bitung, Kecamatan, Tim Penggerak PKK, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat.

“Terimakasih kepada Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ibu Rita Mantiri-Tangkudung, Wakil Ketua I TP-PKK Kota Bitung Ibu Ellen Honandar-Sondakh yang selalu memonitor dan memberi semangat dalam persiapan lomba di tingkat provinsi ini. Semoga ini menjadi berkah, dan membawa nama Kota Bitung ke tingkat Nasional,” tukas Lurah.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bitung Ny Rita Mantiri-Tangkudung saat menyambangi Kelurahan Pateten Tiga mengatakan, pemberdayaan keluarga di Kota Bitung yang dilakukan pihaknya merupakan gerakan masyarakat yang memiliki kekuatan untuk memberdayakan serta menggerakan keluarga dan masyarakat.

“Berprilaku hidup bersih dan sehat ini merupakan implementasi hak asasi manusia yang patut dihargai dan diperjuangkan oleh semua pihak,” sebut isteri Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri.

Karena alasan tersebut, upaya menggerakan dan memberdayakan keluarga untuk hidup bersih dan sehat menjadi tanggung jawab. Sehingga program mewujudkan rumah tangga ber-PHBS dapat sukses dilaksanakan.

“Rumah tangga ber-PHBS artinya mampu menjaga meningkatkan dan melindungi kesehatan setiap anggota rumah tangga. Dari gangguan ancaman penyakit dan lingkungan yang kurang kondusif untuk hidup bersih serta sehat,” jelasnya.

Rita pun berharap Kelurahan Pateten Tiga yang telah berhasil menjadi pemenang juara 1 lomba PHBS di tingkat Kota dan mewakili Kota Bitung untuk yang sama di tingkat Provinsi Sulut diharapkan berhasil menjadi juara. Sehingga menjadi motivasi bagi para kader lain agar lebih aktif untuk melaksanakan kegiatan PHBS.

Turut mendampingi Ny Rita Mantiri-Tangkudung dalam kunjungan tersebut, Ketua Dharma Wanita Kota Bitung, dr. Rinny Pangemanan-Tinangon, Sekretaris II TP-PKK Kota Bitung Grace Lontoh-Dengah, Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Vivi Tumbel dan <span;>Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Thraesita Nancy Olivia Kewas.