Wali Kota Bitung “Ngamuk” Saat Temukan Dugaan Pungli di Dinas Dukcapil

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri-Hengky Honandar dalam memberantas praktik pungutan liar (pungli) di kalangan pemerintah kota Bitung diapresiasi warga.

Hal ini dibuktikan, saat Wali Kota Maurits menyambangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan pungli dalam mengurus administrasi kependudukan, Selasa (18/1/2022).

Dari pantauan, Wali Kota dengan wajah memerah hingga bersuara keras menunjukkan bahwa dirinya sangat kesal dengan adanya praktik kotor tersebut.

Padahal dirinya sering menegaskan ASN dan THL untuk tidak melakukan hal tersebut. “Saya sudah berapa kali mengingatkan jangan Pungli, berdosa. Saya sakit hati kalian buat begini. Kami berusaha memperbaiki data tapi malah melakukan pungli,” geramnya.

Maurits juga menuturkan, Kejaksaan juga sudah berulang kali mengingatkan agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat jangan sekali-kali meminta imbalan karena itu bisa diartikan Pungli.

“Ini terakhir saya datang di kantor ini, berikut kalau masih tetap ada pungli silakan resikonya ditanggung sendiri, ditangkap aparat hukum,” tegas Wali Kota seraya meminta masyarakat yang menjadi korban dugaan pungli masuk ke kantor menunjuk staf Dukcapil yang melalukan praktek itu.