oleh

Wali Kota Bitung Promosikan Produk UMKM di Instagram Pribadi

Peliput : Raynaldi Pratama

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Berbagai upaya dilakukan untuk menggairahkan sektor ekonomi daerah. Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mempromosikan produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Kota Bitung.

Hal ini dilakukan Maurits melalui media sosial Instagram pribadinya agar produksi UMKM asal Kota Bitung bisa bangkit dan pemasarannya bisa meluas hingga luar daerah. “Iya, hal ini saya lakukan promosi produk di Instagram untuk menggairahkan sektor UMKM,” ucapnya, Senin (24/5/2021).

Dari pantauan, terlihat Instagram Wali Kota memposting beberapa makanan hingga kopi yang merupakan khas daerah Kota Bitung, diantaranya Tahu Bakso Tuna,  Kripik Pisang Pedas Manis Tuna, Roti Rahma hingga Kopi Sarana Asli Bitung. “Sebenarnya masih banyak produk lokal asal Kota Bitung. Mohon maaf jadi saya bagi-bagi postingannya, jadi bersabar yah pasti yang lainnya akan diposting,” tutur pria yang akrab dipanggil Om Kumis.

Menurutnya, upaya promosi ini diharapkan bisa menggairahkan perdagangan di masa pandemi. Ini juga diharapkan menjadi pengingat dan penyemangat bahwa penjual dan pedagang dipertemukan oleh promosi dan relasi. “Sektor UMKM terkena dampak cukup besar dari pandemi virus corona atau COVID-19,” ujar Wali Kota.

Oleh karenanya lanjut Maurits, perlu dorongan agar pelaku UMKM bangkit kembali dan menjadi bagian penting gerakan pulihkan Bitung dari pandemi COVID-19. “Salah satunya dimulai dengan membeli produksi UMKM sebagai bagian dari menggerakan roda perekonomian warga,” tutupnya.

Tak hanya Wali Kota, bahkan Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung yang juga Ketua Dekranasda Kota Bitung, pun gencar-gencarnya memasarkan produksi UMKM.

Hal ini terlihat saat Rita bersama suami tercintanya, Maurits Mantiri bertemu tanpa sengaja dengan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto di salah satu hotel di Kota Manado saat hendak sarapan.

Tak butuh waktu lama, Rita pun langsung memperkenalkan produk UMKM kepada Esther Terawan. “Ini produksi asli dari UMKM Bitung,” ucap Rita sambil menunjukkan beberapa produk asli Bitung kepada istri dari Menkes RI seraya ikut memberikan oleh-oleh khas dari Bitung sebagai cinderamata..

News Feed