4 Atlit Putri Arung Jeram Asal Sangihe Ikut Seleksi Pra PON

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengutus 4 orang atlit putri untuk mengikuti seleksi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON). Dimana melalui seleksi atlit arung jeram ini, nantinya akan terpilih atlit-atlit terbaik mewakili Sulawesi utara (Sulut) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Cabang olahraga arung jeram, yang akan dihelat di Aceh, Sumatera utara, sebagai tuan rumah pada 2024 nanti.

Dikatakan, Frangky Singkoh selaku Wakil ketua II FAJI Sulut, seleksi atlit ini dilaksanakan selama sepekan, sejak tanggal 20 hingga 25 Februari 2023. Sedangkan untuk lokasi seleksi akan digelar di KONI Sulut dan sungai Nimanga, Desa timbukar, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa.

“Peserta seleksi merupakan atlit berprestasi dari Kabupaten/Kota se-Sulut dengan disertakan surat rekomendasi dari masing-masing pengurus FAJI,” ujar Singkoh, ketika dikonfirmasi, Minggu (19/2/2023).

Diungkapkan dia, terkait oenilaian kesiapan atlit yang akan masuk dalam Tim Arung Jeram Pra PON Sulut mencakup pada kesiapan fisik, mental serta teknik.

“Ada kurang lebih 50 atlit yang akan bersaing untuk memperebutkan kuota entry by name 12 putra serta 12 putri, yang nantinya akan berlaga di Pra Pon 2023,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua FAJI Sangihe, Marthin Makarunggala menyatakan, bahwa secara fisik dan kesehatan, empat atlit putri yang diutus mengikuti seleksi, sangat siap. Dimana, dalam menghadapai serangkaian seleksi, ke empat atlit arung jeram putri andalan bumi tampungang lawo ini, telah dibekali dengan latihan fisik dan teknik pengarungan.

“Dengan keseriusan atlit dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi oleh FAJI dan KONI Provinsi Sulut, kami Pengurus FAJI Kepulauan Sangihe, sangat optimis atlit putri bisa lolos ke tahap selanjutnya yaitu pemusatan latihan Pra PON 2023,” ungkap Makarunggala.

“Kami sebagai pengurus FAJI Kepulauan Sangihe juga mengajak serta meminta kepada seluruh masyarakat Tampungang Lawo, untuk kiranya dapat memberikan dukungan doa agar atlit-atlit arung jeram dapat memberikan hasil yang maksimal, untuk kedepannya menjadi perwakilan Sangihe dalam pentas Nasional,” pungkas dia.

Berikut nama empat atlit asal Kabupaten Sangihe, yang akan mengikuti seleksi Pra PON 2023.
1. Gnadine Janis
2. Kristina Elisabet Kosu
3. Febrianti Mendanusa
4. Sarah Mahino